Berita Kotamobagu

Gas Elpiji 3 Kilogram di Kotamobagu Dijual Rp 45 Ribu

Memasuki awal ramadan 2019, Senin (06/05/2019) tabung gas elpiji tiga kilogram semakin sulit dijangkau masyarakat Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Gas Elpiji 3 Kilogram di Kotamobagu Dijual Rp 45 Ribu
ISTIMEWA
Ilustrasi: Elpiji 3 Kilogram 

Gas Elpiji 3 Kilogram di Kotamobagu Dijual Rp 45 Ribu

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Memasuki awal ramadan 2019, Senin (06/05/2019) tabung gas elpiji tiga kilogram semakin sulit dijangkau masyarakat Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Selain keberadaannya diakui masyarakat sulit ditemukan, harga tabung gas elpiji bersubsidi ini bisa mencapai Rp 45 ribu.

"Kemarin hampir semua tempat saya datangi. Mau beli di pangkalan tidak diberikan karena menggunakan KTP luar Kotamobagu. Akhirnya saya dapat tabung gas elpiji tiga kilogram di warung dengan harga Rp 45 ribu per tabung," ujar Andre satu di antara warga Kotamobagu.

Mawar warga Kotamobagu lainnya juga mengakui hal yang sama, yakni sulitnya mencari tabung gas elpiji tiga kilogram.

"Sangat sulit. Sudah semua tempat penjualan sudah saya datangi. Hampir semuanya habis. Dan saat sedang mencari saya bertemu dengan seorang warga yang saat itu membawa tabung berisi gas. Saya pun bertanya. Warga tersebut memberikan informasi tapi katanya jangan sampai ada yang lain tahu. Saya masuk ke satu warung. Tabung gas tersedia namun harganya Rp 25 ribu," ujar Mawar.

Alfian Hasan Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu menanggapi kondisi ini.

Dia mengatakan pemkot hanya mengawasi pendistribusian yang dilakukan di pangkalan dengan HET Rp 18 ribu.

"Kalau sudah di warung itu diluar pengawasan dari kami. Namun akan kami telusuri warung ini mendapat pasokan dari mana. Jika kami temukan ada pangkalan yang menjual lebih dari satu maka kami akan merekomendasi kepada yang berwenang yakni agen untuk kemudian mereka menindaklanjuti dengan sanksi yang ada sesuai kerjasama antara keduanya. Kami pemerintah hanya sebagai pengawas," ujar Alfian.

Data 2018 kebutuhan tabung di Kota Kotamobagu 1160 tabung per hari atau sekitar 160 ribu tabung per bulan.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved