200 RTLH Di Lahan PT Ronomut Segera Dibangun

Sebanyak 200 unit rumah tinggal layak huni (RTLH), di lahan PT. Ranomut, segera dibangun pemerintah Kabupaten Boltim.

200 RTLH Di Lahan PT Ronomut Segera Dibangun
Tribun Manado/Vendi lera
Pembangunan RTLH di lahan PT. Ronomut waktu lalu 

200 RTLH Di Lahan PT. Ronomut Segera Dibangun

TRIBUNMNADO.CO.ID,TUTUYAN- Sebanyak 200 unit rumah tinggal layak huni (RTLH), di lahan PT. Ranomut, segera dibangun pemerintah Kabupaten Boltim.

Kepala Dinas Sosial, Rudi Malah mengatakan, berkas administrasi untuk pelaksanaan tender pembangunan ratusan RTLH, segera diurus baik di lahan HGU PT. Ranomut maupun di 80 desa.

Baca: 5 Faktor Jadi Penentu Paslon 01 Berkuasa di Jatim, Wajar & Terprediksi

Kata dia, saat ini, sudah ada 40 unit rumah tinggal layak huni (RTLH) yang dibangun di atas lahan PT. Ronomut . Proses penyerahan telah diserahkan ke desa Tutuyan II, mulai dari undian sampai serahkan kunci rumah.

"Untuk sisanya 200 unit, akan dibangun tahun ini, anggaran yang disediakan Rp5 miliar rupiah. Total yang disediakan pemerintah daerah Rp14 miliar rupiah termasuk RTLH di 80 desa," ujar Rudi Malah.

Lanjut dia, biaya satu rumah untuk pembangunan RTLH naik dibandingkan tahun lalu. Tahun 2018 per unit Rp18,5 juta sekarang dinaikan menjadi Rp25 juta rupiah. Hal ini disebabkan, karena adanya keluhan masyarakat tentang biaya upah kerja dan bahan bangunan.

Baca: UPDATE Hasil Real Count Pilpres 2019 KPU Jumat Sore

Manajer PT. Ronomut, Stenly Kasnan mengatakan, waktu lalu harusnya pembangunan RTLH sudah selesai di lahan PT. Ronomut, jika pihak pemerintah daerah mengunakan pihak ketiga lebih dari satu.

Namun kenyataannya, hanya 40 unit selesai dari rencana 200 unit.

"Nanti saya akan lihat bagaimana, sebab pembangunan RTLH terbilang lambat dan tidak sesuai komitmen," ujar Stenly Kasnan.

Baca: Prabowo Klaim Menang 62 Persen di Pilpres 2019, Pengamat: Beberkan Bukti dan Faktanya

Ia menambahkan, bukan hanya pembangunan RTLH, rencananya PT. Ronomut akan membangun perumahan yang bersifat membantu masyarakat untuk memiliki rumah dengan murah dan mudah. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved