Edukasi

Sakit Payudara Saat Menstruasi, Normal Gak Sih?

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dilalui setiap wanita. Namun gejala atau dampak yang ditimbulkan dari mentsruasi itu berbeda-beda.

Alodokter
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dilalui setiap wanita. Namun gejala atau dampak yang ditimbulkan dari mentsruasi itu sendiri berbeda-beda.

Ada yang merasakan rasa nyeri yang luar biasa saat menstruasi, timbul jerawat hingga yang paling umum, merasakan sakit pada bagian payudara.

Pertanyaannya, sebenarnya normal enggak sih kita merasakan sakit pada payudara sebelum menstruasi? Atau adakah hal yang salah?

Nah, ketahui 3 hal penting ini tentang payudara yang sakit sebelum menstruasi!

Penyebab payudara bisa sakit sebelum menstruasi

Penyebab utama payudara bisa terasa sakit saat tersentuh sebelum masa menstruasi tiba adalah karena hormon yang berubah.

Jadi, sebelum menstruasi, hormon yang menguasai adalah hormon estrogen dan progesterone. Hormon estrogen akan membuat payudara kita terlihat lebih besar, sedangkan hormon progesterone akan membuat payudara kita seperti membengkak, karena kelenjar susu juga membesar. Kedua hormon ini yang membuat payudara kita terasa sakit sebelum menstruasi, girls!

Alhasil, kita akan merasakan payudara yang terasa sangat kencang atau kenyal, tapi keduanya akan sangat sakit apabila tersentuh, walaupun hanya dengan tangan atau lengan kita sendiri.

Ini akan kita rasakan kurang lebih seminggu sebelum menstruasi dan akan berhenti sebelum benar-benar darah menstruasi keluar.

Merawat payudara yang sakit sebelum menstruasi

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved