Berikut Perbandingan Perubahan NTP Antar Provinsi di Sulawesi

Dari enam provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, ada tiga provinsi yang mengalami kenaikan NTP

Berikut Perbandingan Perubahan NTP Antar Provinsi di Sulawesi
FINNEKEWOLAJAN
lahan pertanian di Bolmong 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Dari enam provinsi yang ada di Pulau Sulawesi, ada tiga provinsi yang mengalami kenaikan NTP, yakni Sulawesi Tenggara sebesar 1,41 persen, Sulawesi Tengah sebesar 0,49 persen dan Sulawesi Barat sebesar 0,37 persen.

"Sementara tiga provinsi lainnya, mengalami penurunan NTP," Ujar Kabid Statistik Distribusi BPS Sulut Marthedy M Tenggehi dalam siaran persnya.

Sedangkan NTUP, hanya satu provinsi yang mengalami kenaikan, yakni Sulawesi Tenggara sebesar 1,08 persen, sementara lima provinsi lainnya mengalami penurunan.

Nilai Tukar Petani (NTP) adalah perbandingan antara indeks harga yang diterima petani (It) dengan indeks harga yang dibayar petani (Ib) dan dinyatakan dalam persentase.

NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat daya beli petani, dengan mengukur kemampuan tukar produk yang dihasilkan/dijual petani dibandingkan dengan produk yang dibutuhkan petani baik untuk proses produksi maupun untuk konsumsi rumah tangga petani.

Semakin tinggi NTP dapat diartikan kemampuan daya beli atau daya tukar (term of trade) petani relatif lebih baik dan tingkat kehidupan petani juga lebih baik. (erv)

Berita Populer: Pasca Bercerai 6 Bulan dengan Sule, Mantan Istri Sule Kepergok Sedang Momok Anak 

Penulis:
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved