Breaking News:

Cairan Sianida Akan Ditumpahkan di Area Pelabuhan Bitung

Kegiatan akan berlangsung pada Rabu, 13 Maret 2019 mulai pukul 08.00. Para peserta di antaranya sejumlah perusahaan tambang emas yang ada di Sulut.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: maximus conterius
Tribun Manado
Sejumlah petugas dengan pakaian khusus mempersiapkan kegiatan simulasi penanganan sianida, Selasa (12/3/2019), di depan Kantor Basarnas Manado. Simulasi akan digelar pada Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pelabuhan Bitung dipilih sebagai lokasi simulasi penanganan tumpahan sianida yang akan digelar pada Rabu (13/3/2019).

PT Energy Logistics bersama para pendukung lainnya PT Nusa Halmahera Minerals, Badan SAR Nasional (Basarnas) dan PT Pelindo Cabang Bitung akan menyelenggarakan kegiatan yang bernama “cyanide transport emergency respons plan and procedure” tersebut di PT Pelindo IV Kota Bitung.

Rio dari pihak penyelenggara mengatakan, dalam kegiatan itu akan dilakukan presentasi, simulasi dan diskusi panel.

Kegiatan ini merupakan refresh drilling cyanide tahun 2019. Juga akan dilakukan simulasi handling yaitu penanganan tumpahan sianida di area Pelabuhan Bitung.

"Kegiatan seperti ini sudah pernah dilakukan tahun sebelumnya, namun mengambil lokasi di Kantor Basarnas, Jalan Worang Bypass, Minahasa Utara," kata Rio, Selasa (12/3/2019).

Lanjut dia, kegiatan akan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita hingga selesai. Para peserta di antaranya sejumlah perusahaan tambang emas yang ada di Sulut.

Untuk teknis pelaksanaan menghadapi tumpahan sianida akan diperagakan oleh pihak yang sudah ahli dan berkompeten, sesuai dengan penanganan operasi standar.

"Di antaranya penggunaan pakaian khusus dan peralatan penunjang lainnya," kata dia. (*)

Baca: Bom di Sibolga, Densus Gerebek Terduga Teroris, Istri dan Anaknya Belum Serahkan Diri

Baca: Daripada Bisnis Prostitusi, Pemkot Akan Arahkan Waria Bisnis Salon dan Memasak

Baca: Hitung-hitungan Lolos ke Babak 8 Besar, Berikut Peluang 4 Tim di Liga Champions Dini Hari Nanti

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved