Kasdim 1312/ Talaud Bangun Jalan Perintisan

Kasdim 1312/Talaud tinjau Perintisan jalan produksi sepanjang 2.900x6 meter di Desa Rusoh Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kasdim 1312/ Talaud Bangun Jalan Perintisan
Istimewa
Pembangunan Jalan Perintisan oleh Kodim 1312/Talaud 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Program TNI Angkatan Darat (AD) pra Tentara manunggal membangun desa (TMMD) terus dilaksanakan dengan sasaran fisik pembangunan kantor tiga pilar desa dan perintisan jalan produksi sepanjang 2.900x6 meter di Desa Rusoh Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kasdim 1312/Talaud memantau pekerjaan pengecoran pondasi kantor tiga pilar desa oleh beberapa prajurit TNI AD.

Didampingi Perwira Sandi Kodim 1312/ Talaud Lettu ( Inf ) Rudolf Maariwuth, kemudian melanjutkan pengecekan progres pekerjaan perintisan jalan produksi.

Dari titik nol rintisan, rombongan berjalan kaki melewati beberapa bukit , gunung Tongocu Wanua yang sedang digusur dan 4 sungai kecil berjembatan kayu kelapa hingga bercengkerama dengan beberapa petani yang akan pulang dari kebunnya ke Desa.

Setelah menempuh perjalanan sejauh 2.550 meter mengikuti jalan rintisan berukir roda eksavator, menghampiri Kasdim 1312/ Talaud Mayor ( Inf ) Sigfried Panaha bersama beberapa anggota dan pemilik lahan yang dilewati jalan produksi tengah mengawasi jalannya pekerjaan rintisan jalan, menuju lokasi objek wisata tersembunyi Air Terjun Ampas Taduna.

Perjalanan berlanjut ke Ampas Taduna, dimana rombongan Kasdim dibantuk Serda Jodi Essa sebagai penunjuk jalan.‎

"Dari sini menuju air terjun, sekitar 50 puluh meter lagi. Jangan lupa kalo sudah sampai cuci muka. Nanti Serda Jody yang akan tunjukkan jalan ke sana. Lewat program TMMD ini, kami tentunya berupaya membantu rakyat termasuk membuka akses ke tempat wisata baru yang belum banyak diketahui orang ," ujar Kasdim melalui bagian penerangan Korem 131/Santiago kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).‎

Rombongan Kasdim yang melakukan peninjauan terus berjalan menuju ke lokasi air terjun. Rombongan harus menembus semak belukar dan menuruni bukit yang lumayan curam dan menambah cucuran keringat disertai letih.

Kondisi ini karen jalan rintisan ke lokasi objek wisata alam tersembunyi ini belum selesai, sehingga tak pilihan lain selain harus melewati jalan alternatif yang ada.

Setibanya di air terjun yang ternyata bertingkat tiga ini.

"Pemandangan Indah dan kesejukkan alam sekejap membius letih yang terasa. Nampak juga empat orang anak warga setempat, sedang bermain dengan percikan air terjun, hingga menunjukan aksi akrobatik mereka melompat tingkat pertama. Kedalaman air dibawah air terjun juga lumayan dalam," katanya.

Lewat program TMMD, yang diawali Pra TMMD. Berbagai manfaat dapat dirasakan warga masyarakat, mulai dari peningkatan perekonomian warga, tersedianya fasilitas umum yang selama ini diharapkan dan terbukanya akses menuju lokasi wisata baru di Talaud.

Sekembalinya dari titik sasaran lokasi peliputan. Saya bertemu dengan Dandim 1312/ Talaud Letkol ( Arm ) Gregorius Eka Setiawan, memberikan keterangan terkait progress pekerjaan Pra TMMD.

"Kami mengerahkan 30 personil Kodim 1312/ Talaud ditambah 15 orang warga yang secara sukarela membantu. Rintisan jalan bertambah 300 meter, jadi total hari ini untuk jalan yang terintis sepanjang 2.550 meter, sementara untuk penghamparan sirtu sudah sampai jarak 400 meter. Di lokasi objek wisata yang barusan kalian datangi. Nantinya akan dibangu fasilitas umum seperti kantin, mck dan pos pam," jelas Dandim 1312/ Talaud Setiawan.‎(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved