Ibu-ibu di Bitung Dilatih Membuat Tas Jaring Pengganti Kantong Plastik

Pembuatan tas jaring untuk dijadikan alternatif tas belanja yang dapat dipakai berulang kali agar masyarakat tidak lagi menggunakan tas plastik.

Ibu-ibu di Bitung Dilatih Membuat Tas Jaring Pengganti Kantong Plastik
Tribun Manado
Suasana pelatihan calon pelatih pembuatan tas jaring di ruang pertemuan Guest House Rumah Jabatan Wali Kota Bitung, Selasa (29/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Manado Chintya Rantung

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Sejumlah peserta mengikuti pelatihan calon pelatih (training of tutor, TOT) pembuatan tas jaring di ruang pertemuan Guest House Rumah Jabatan Wali Kota Bitung, Selasa (29/1/2019).

Kegiatan tersebut digelar Dewan Kerajinan Nasioan Daerah (Dekranasda) Kota Bitung bersama Tim Penggerak PKK bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bitung, serta berkolaborasi dengan tiga pemilik perusahaan perikanan di Bitung, di antaranya Eddy Julianto, Junaidi Ang, dan Abrizal Ang.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari atau hingga 31 Januari 2019 tersebut dalam rangka menunjang program ‘Bitung Go Green Less Plastic City’.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Khouni Lomban Rawung.

"Melalui kegiatan ini diharapkan perempuan, ibu rumah tangga dapat diberdayakan, diberi keterampilan sehingga selain menunjang program lingkungan (less plastic) tetapi juga dapat menghasilkan nilai ekonomi sehingga ada sistem yang tercipta yaitu spider system di mana semua bisa mendapatkan manfaat," kata Khouni.

Lanjut dia, Dekranasda sangat menopang dan mendukung pelaksanakan pelatihan TOT pembuatan tas jaring untuk dijadikan alternatif tas belanja yang dapat dipakai berulang kali agar masyarakat tidak lagi menggunakan tas plastik sebagai tas belanja.

BERITA POPULER:

Baca: Saat Nonton Film Dewasa, Pria Ini Kaget, Ternyata Pemeran Wanita adalah Kekasihnya, Berawal dari Ini

Baca: Ahmad Dhani Dipenjara, Neno Warisman: Kalau Rocky Gerung Diapain Ya?

Baca: Terbaru Terkait CPNS 2019, Hanya Digelar di Tiga Provinsi, Ada juga Penerimaan PPPK Lho!

"Harapannya, dengan adanya TOT ini dapat mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar, terwujudnya Bitung less palstic serta meningkatnya pelaku industri di Kota Bitung,” kata istri wali kota.

Pada hari pertama dan kedua, pelatihan diberikan bagi lima peserta. Pada hari ketiga lima peserta yang sudah mendapatkan pelatihan tersebut akan melatih lagi masing masing lima orang peserta lainnya dan seterusnya.

Para peserta terdiri dari para ibu-ibu pengrajin serta pengurus dan anggota TP PKK dan Dekranasda di Hota Bitung dengan dua narasumber, Wilma Empalmado dan Priliscya Isdianti.

Turut hadir Wakil Ketua Dekranasda Rita Mantiri Tangkudung, Ketua DWP Rinny PangemananTinangon, Sekretaris Daerah dan Asisten II, serta para kepala dinas terkait. (*)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved