Wisata Karamba Danau Tondano Yang Terancam Eceng Gondok

Danau Tondano Minahasa dengan luas 4.278ha, atau sekitar 42.78 km, berada di pegunungan Lembean, Kaweng, Bukit Tampusu.

Wisata Karamba Danau Tondano Yang Terancam Eceng Gondok
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Keberadaan eceng gondok di Danau Tondano hingga saat ini belum bisa diatasi oleh pemerintah. Makin hari, eceng gondok hampir menutupi permukaan danau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KAKAS - Danau Tondano minahasa Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu dari beberapa danau terbesar yang ada di Indonesia yang perlu menjadi perhatian guna kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan nelayan pesisir masa kini dan masa yang akan datang.

Baca: Pemerintahan ODSK Masuk Tahun ke-4, Eceng Gondok Danau Tondano Belum Tuntas, Ini Kata Gubernur Sulut

Danau Tondano Minahasa dengan luas 4.278ha, atau sekitar 42.78 km, berada di pegunungan Lembean, Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masaarang merupakan salah satu tujuan wisata sambil menikmati beragam kuliner yang tersedia di pesisir danau Tondano menjadikan satu harta warisan bagi anak cucu masa yang akan datang.

Baca: Bantuan Excavator Mini E45 Bobcat Akan Digunakan untuk Danau Tondano

Keunggulan pesona dan daya Tarik objek wisata di Danau Tondano selain memancarkan keindahan landskap sekitar danau yang spektakuler juga terdapat Obyek wisata Sumaro Endo Remboken, Resort Wisata Bukit Pinus Toliang Oki, Gua Tikus Tasuka, dan lainnya.

"Di desa kami yang memiliki nilai jual yaitu pemandangan karamba dan pemukiman warga beragam jenis ikan seperti ikan mujair,  pior kabos , wiko (udang kecil), lobster hitam, gurame, dan Payangka yang merupakan ikan endemik Danau Tondano," ungkap Weni Maxi Wensen Kepala DesaToulimembet.

Baca: Restocking 400 Ribu Bibit Ikan Mas -Nila Dorong Kesejahteraan Nelayan Danau Tondano

Pernah ia memberikan masukan pada pemerintahan untuk membersihkan gulma encengondok Danau Tondano, karena selain mengganggu pemandangan juga bisa mengakibatkan kerusakan karamba jika tiba cuaca buruk.

"Kalo terjadi cuaca buruk misalkan musim angin barat maka ecenggondok yang tersangkut di jaring karamba akan tersapu ombak dan menarik jaring hingga rusak bahkan bisa merobohkan karamba," ungkap Weni.

Baca: Konsultan Jepang Lobi JICA Kucur Bantuan Penanganan Danau Tondano, Anggarannya Triliunan

Desa Toulimembet yang artinya Orang Menyebrang masuk dalam Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa. Masyarakat di Desa ini berprofesi sebagian besar nelayan dan menggantungkan hidup mereka di Danau Tondano.

Kepala Desa Toulimembet menambahkan jika ada turis yang ingin berkunjung ke area karamba bisa saja karena masyarakat desa sangat welcome terhadap pengunjung.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Nielton Durado
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved