Panglima TNI: Hadapi Pemilu, TNI Harus Netral, Pangdam XIII/Merdeka Jabarkan kepada Semua Personel

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, bahwa pesta demokrasi 2019 merupakan event akbar nasional yang menjadi perhatian semua

Panglima TNI: Hadapi Pemilu, TNI Harus Netral, Pangdam XIII/Merdeka Jabarkan kepada Semua Personel
Istimewa
upacara 17-an bulan Januari 2019 di Makodam XIII/Merdeka Kamis kemarin. 

Panglima TNI: Hadapi Pemilu, TNI Harus Netral, Pangdam XIII/Merdeka Jabarkan kepada Semua Personel

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, bahwa pesta demokrasi 2019 merupakan event akbar nasional yang menjadi perhatian semua.

Pemilihan umum (pemilu) legislatif dan pemilihan Presiden harus dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses. Stabilitas Nasional harus tetap terjaga sebelum, selama dan setelah pemilihan tersebut.

"Netralitas TNI kembali harus kita tunjukkan," tegas Panglima TNI sebagaimana diulang oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam keterangan pers yang disampaikan oleh Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M Jaelani, kepada wartawan Jumat (18/1/2019).

Lanjut Kapendam XIII/Merdeka ketegasan panglima TNI kepada prajurit TNI untuk netral dijabarkan dengan penyampaian Pangdam dihadapan seluru personel dan jajaran dalam upacara 17-an bulan Januari 2019 di Makodam XIII/Merdeka Kamis kemarin.

Baca: Pangdam XIII/ Merdeka Ajak Kapolda Sulut Gowes‎ Bersama

Baca: HUT ke-68 Penerangan AD, Jajaran Penerangan Kodam XIII/Merdeka Tabur Bunga di TMP

Panglima TNI perintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas yang telah saya canangkan.

"Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pegang teguh rantai komando dan laporkan kepada Komandan Satuan bila menemui kendala," jelas Panglima TNI.

Upacara 17-an bulan Januari 2019 di Makodam XIII/Merdeka Kamis kemarin.
Upacara 17-an bulan Januari 2019 di Makodam XIII/Merdeka Kamis kemarin. (Istimewa)

Ditambahkan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bahwa perkembangan situasi lainnya juga tetap menjadi bagian dari kewaspadaan semua.

Kondisi regional dan global yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung, tidak boleh luput dari pengamatan dan antisipasi TNI.

Ancaman terorisme, separatisme, radikalisme serta berbagai ancaman kejahatan lintas negara harus dapat kita atasi.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved