Breaking News:

Kapolres Sangihe Minta Warga di Kaki Gunung Karangetang Waspada

Kapolres Sangihe, AKBP Sudung Ferdinan Napitu meminta agar warga siap mengungsi kapan saja.

ISTIMEWA
Asap putih terlihat dari puncak Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Minggu (13/1/2019). Suara gemuruh terdengar hingga pos pemantau. 

TRIBUNMANADO. CO. ID - Kapolres Sangihe, AKBP Sudung Ferdinan Napitu mengatakan kepada warga kaki gunung Karangetang, Sulawesi Utara untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Dikutip TribunWow.com (Group TribunManado.co.id) dari Kompas TV acara Kompas Siang, Senin (14/1/2019), Sudung mengatakan kepada warga sekitar untuk selalu siap menghadapi kemungkinan letusan gunung.

Hal itu disampaikan Sudung lantaran untuk menghindari adanya korban jiwa.

 
Selain itu, dirinya juga meminta agar warga siap mengungsi kapan saja.

"Berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga memantau pos pemantau Gunung Karangetang bahwa saat ini sudah disampaikan kepada masyarakat untuk melakukan kewaspadaan," ungkap Sudung.

"Artinya mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin saja terjadi karena memang bencana alam ini tak ada yang menginginkan," imbuhnya.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, aktivitas Gunung Karangetang telah mengalami peningkatan sejak Minggu (13/1/2019).

Aktivitas itu berupa erupsi yang disertai asap dari kawah, gas, gemuruh, dan guguran lava yang meluncur ke Kali Batuare hingga 2000 meter.

Baca: Rumah Ibu dan Anak di Teling Atas Rusak Ditimpa Longsoran Batu

Sedangkan guguran lava ke Kali Sumpihi dan Kiawang hanya sesekali terjadi hingga 1.000 meter.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Yudia Prama Tatipang mengatakan, secara visual gunung jelas, kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.

Halaman
12
Editor: Aldi Ponge
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved