Pansus Pengisian Wakil Bupati Bolsel Mulai Kerja, PDIP Bolsel Usulkan Dedi Abdul Hamid

Pansus Pengisian Wakil Bupati Bolsel Mulai Kerja, PDIP Bolsel Usulkan Dedi Abdul Hamid

Pansus Pengisian Wakil Bupati Bolsel Mulai Kerja, PDIP Bolsel Usulkan Dedi Abdul Hamid
Tribun manado / Felix Tendeken
Panitia khusus (Pansus) pengisian Wakil Bupati (Wabup) sisa periode 2016-2021 yang beranggota tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai bekerja mempreasure tahapan pengisian Wabup. 

Pansus Pengisian Wakil Bupati Bolsel Mulai Kerja, PDIP Bolsel Usulkan Dedi Abdul Hamid

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -Setelah terbentuk, panitia khusus (Pansus) pengisian Wakil Bupati (Wabup) sisa periode 2016-2021 yang beranggota tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai bekerja mempreasure tahapan pengisian Wabup.

Tujuh personel Pansus tersebut, terdiri dari Ruslan Paputungan sebagai Ketua (PDIP), Marsel Aliu (PDIP), Harson Mooduto (PDIP), Riston Mokoagow (Hanura), Salman Mokoagow (PAN), Marini Suryadihardja (Golkar) dan Arianto Isilaku (Demokrat).

"Tahapannya sudah dimulai, belum lama ini kita lakukan konsultasi di Biro Hukum terkait dengan teknis pengisian jabatan tersebut," kata Ruslan Paputungan, Minggu (13/1/19).

Kata dia, sampai saat ini prosesnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari partai pengusung kemudian tahapan akan dilanjutkan.

Baca: Herson Usul Dedy Abdul Hamid Calon Wakil Bupati Bolsel

"SK dari PDIP kita sudah terima, tinggal menunggu SK dari Partai Amanat Nasional," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Bolsel Kadek Wijayanto menjelaskan, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota jelas mengatur tentang tata cara pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Menurut PP ini, salah satu tugas dan wewenang DPRD provinsi, kabupaten, kota adalah memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan. Hal ini sesuai dengan konsultasi kepada biro hukum pemerintah provinsi," jelasnya.

Lanjut Kadek, DPRD Kabupaten juga berwenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wali Kota kepada Menteri melalui Gubernur untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Setelah terbentuk, panitia khusus (Pansus) pengisian Wakil Bupati (Wabup) sisa periode 2016-2021 yang beranggota tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai bekerja mempreasure tahapan pengisian Wabup.
Setelah terbentuk, panitia khusus (Pansus) pengisian Wakil Bupati (Wabup) sisa periode 2016-2021 yang beranggota tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai bekerja mempreasure tahapan pengisian Wabup. (Tribun manado / Felix Tendeken)

"Pengisian jabatan wakil bupati diselenggarakan dalam rapat paripurna, dan hasilnya ditetapkan dengan Keputusan DPRD sebagaiman bunyi Pasal 24 ayat (1,2) PP ini. Beberapa hal teknis lainnya juga diatur dalam PP tersebut," jelasnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved