Berita di Bolsel

Kemenag Bolsel Butuh Puluhan Guru

Kantor Kemenetrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), membutuhkan sekiranya 38 tenaga guru untuk lima Madrasah

Kemenag Bolsel Butuh Puluhan Guru
TRIBUN MANADO
Kemenag Bolsel Masih Kekurangan Guru 

TRIBUNMANADO, MOLIBAGU-Kantor Kemenetrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), membutuhkan sekiranya 38 tenaga guru untuk lima Madrasah atau sekolah di daerah itu. Tidak adanya penerimaan pegawai baru beberapa tahun terakhir, menjadikan lembaga tersebut miskin tenaga guru, Minggu (13/1/19).

"Untuk pengisian kebutuhan guru , kita usulkan ke Kanwil (Kantor Wilayah) Sulut untuk ditindaklanjuti ke pusat. Harapannya, tahun anggaran 2019, kebutuhan guru di madrasah-madrasah bisa tertangani," ujar Kepala Seksi Pendidikan Islam, Kemenag Bolsel, Muzayin.

Baca: Ini Komentar Kepala Kemenag Bolsel Mengenai Kondisi Jemaah Haji Bolsel

Dia menyebutkan, jumlah guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lima sekolah di bawah nauangan Kemenag Bolsel yang ada saat ini cukup minim.

Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bolsel hanya terdapat tiga guru, MIN 2 enam guru, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bolsel dua guru, MTsN 2 Bolsel empat guru dan MTsN 3 Bolsel dua guru.

Baca: Kemenag Bolsel Tindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Bimas RI Terkait Pengeras Suara di Masjid

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha Kemenag Bolsel Muhammad Thaib Mokobombang menuturkan kekurangan guru tersebut tidak termasuk di madrasah-madrasah swasta. Kondisi madrasah swasta justru lebih memprihatinkan “Di madrasah swasta biasanya dimaksimalkan dengan guru kontrak,” sebut Thaib.

Baca: MTQ Kabupaten Dipusatkan di Kemenag Bolsel

Tak hanya tenaga guru, Kemenag Bolsel juga masih minim tenaga yang bertugas di Kantor Urusan Agama (KUA). Dari tujuh kecamatan yang ada saat ini, Bolsel memiliki lima KUA.

“Tiap KUA hanya memiliki satu tenaga dari Kemenag. Dia yang mengelola semua urusan di kantor tersebut padahal idealnya enam orang,” ungkapnya. Jumlah pegawai Kemenag yang ada saat ini berjumlah 43 orang, sudah termasuk lima KUA. (lix)

Grafis Kebutuhan Guru di Madrasah Negeri:

Nama Jumlah Jurusan

Halaman
123
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved