Indonesia Peringkat 6 Penderita Diabetes di Dunia

Pada kasus diabetes, saat ini Indonesia menempati peringkat ke-enam sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia.

Indonesia Peringkat 6 Penderita Diabetes di Dunia
www.firstforwomen.com
Cek diabetes 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada kasus diabetes, saat ini Indonesia menempati peringkat ke-enam sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia, naik satu peringkat dari peringkat tujuh pada 2015 lalu.

Penyakit jantung, diabetes dan penyakit ginjal kronis adalah contoh penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan mortalitas, morbiditas dan beban pembiayaan di Indonesia.


Faktanya, diabetes sendiri memiliki  kaitan erat dengan penyakit jantung, di mana komplikasi utama dari diabetes adalah adanya komplikasi pada sistem kardiovaskular.

"Itu pentingnya diagnosis awal supaya bisa diketahui dari stadium awal. Kalau sudah terjangkit (diabetes tipe II), cari bagaimana caranya tidak terjadi komplikasi," kata Direktur Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Riskiyana Sukandhi Putra, M. Kes dalam acara AstraZeneca, Kamis (20/12/2018) seperti dikutip dari merdeka.com.

Dalam satu penelitian berjudul Excess Mortality among Persons with Type 2 Diabetes, kematian akibat penyakit kardiovaskular memang merupakan penyebab kematian utama pada pasien dengan diabetes.

Dikatakan, risiko penyakit jantung koroner naik 2 kali lipat dan stroke naik 1,56 sampai 2,27 lipat pada penderita diabetes.

 Kasus komplikasi makrovaskular seperti penyakit arteri koroner, stroke, gagal jantung dan infark miokard juga naik sebesar 17,2% dan komplikasi mikrovaskular naik sampai 77,4%.

"Langkah yang kita lakukan tidak hanya mengajarkan tidak mengonsumsi gula, garam, lemak, tapi lebih ke hulu, bagaimana konsep dikembangkan dimana seseorang memiliki peta, scan, kalau seseorang sudah ketahuan berisiko diabetes dan komplikasi," tutup Riskiyana.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved