FDA Temukan Bakteri Berbahaya Ini di Kulit Alpukat

Tiap kali akan mengonsumsi alpukat kita biasanya akan mengupasnya terlebih dahulu, tapi hal ini ternyata tidak cukup melindungi kita dari penyakit lo.

Foto Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tiap kali akan mengonsumsi alpukat kita biasanya akan mengupasnya terlebih dahulu, tapi hal ini ternyata tidak cukup melindungi kita dari penyakit lo, Moms.

Ada baiknya kita mencuci buah alpukat sebelum kita mengupasnya.

Sebab, hampir 18% kulit alpukat diuji positif terkontaminasi listeria dalam sampel yang diambil oleh FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sejak 2014-2016.

Listeria monocytogenes merupakan bakteri yang terdapat luas di lahan pertanian (tanah, kotoranternak, tanaman, dan air) maupun pada lingkungan pengolahan.

Kotoran ternak yang dijadikan pupuk dan tanpa pengomposan yang sempurna untuk penanaman, juga dapat mencemari produk pertanian.

Bakteri ini bisa tumbuh pada suhu lemari es, sehingga bisa mencemari makanan lain yang disimpan di lemari pendingin, apabila makanan yang disimpan tidak tertutup atau dibungkus rapih.

Mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan listeria dapat menyebabkan listeriosis, penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Orang yang paling berisiko terhadap infeksi bakteri ini adalah wanita hamil, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pada orang sehat, bakteri ini biasanya hanya menyebabkan sakit pencernaan (non-invasive gastroinstetinal) dengan gejala meliputi demam, muntah, dan atau diare.

Namun untuk yang parah bisa menyebabkan sakit yang parah dan kadang mengancam nyawa yang disebut sebagai listeriosis.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved