(VIDEO) 13 Kosmetik Ilegal dengan Kandungan Berbahaya Dirilis BPOM RI

Berikut daftar kosmetik ilegal dan mengandung bahan kimia yang berdasarkan hasil temuan terbaru dari BPOM.

TRIBUNMANADO.CO.ID - 13 Kosmetik Ilegal dengan Kandungan Berbahaya Dirilis BPOM RI

Penny K Lukito selaku Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam memilih kosmetik.

Seperti yang dilansir Tribun Video dari situs resmi pom.go.id, BPOM kembali menemukan kosmetik ilegal dengan kandungan berbahaya yang beredar di masyarakat.

Ratusan kosmetik ilegal tersebut kemudian ditarik oleh BPOM dari pasaran.

Selama 2018, BPOM RI menemukan 112 miliar rupiah kosmetik ilegal dan atau mengandung bahan dilarang (BD)/ bahan berbahaya (BB).

Penny K Lukito menyampaikan bahwa temuan kosmetik didominasi oleh produk kosmetik yang mengandung merkuri, hidrokinon, dan asam retinoat.

BPOM RI juga menemukan enam jenis kosmetik yang sudah ternotifikasi mengandung BD/BB, yaitu pewarna dilarang (merah K2) dan logam berat (timbal).

Temuan kosmetik berbahaya tersebut telah ditindaklanjuti BPOM secara administratif, antara lain pembatalan notifikasi/izin edar, penarikan dan pengamanan produk dari peredaran, serta pemusnahan.

"Keseluruhan perkara tersebut telah ditindaklanjuti secara pro-justitia," jelasnya Penny.

Penny juga menjelaskan, perkara kosmetik akan dijatuhi sanksi putusan pengadilan paling tinggi penjara 2 tahun 6 bulan dan denda Rp1 miliar.

Halaman
123
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved