Sejarah Beridirinya Brimob di Sulut, 73 Tahun Satuan Brimob Polri Hadir untuk Indonesia

Di Provinsi Sulawesi Utara terbentuknya Brimob diawali dengan timbulnya pemberontakan pasukan yang mengatasnamakan PPK.

Sejarah Beridirinya Brimob di Sulut, 73 Tahun Satuan Brimob Polri Hadir untuk Indonesia
ISTIMEWA
Sat Brimob Sulawesi Utasra berziarah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Satuan Brigade Mobil (Brimob) sebentar lagi akan masuk pada usia yang ke 73 tahun.

Eksistensi Satuan Brimob dalam mengawal keutuhan bangsa juga patut diacungi jempol.

Sejak lahir pada 14 November 1945, Satuan Brimob sudah memberikan keringat dan darahnya untuk mempertahankan keutuhan Indonesia serta memberi rasa aman bagi masyarakat.

Di Provinsi Sulawesi Utara terbentuknya Brimob diawali dengan timbulnya pemberontakan pasukan yang mengatasnamakan PPK (Pasukan Pembela Keadilan) dibawah pimpinan Jan Timbuleng, pada tahun 1950 yang bermarkas di desa Tombatu Minahasa.

Pasukan Mobil Brigade Polisi sebanyak 1 Kompi (30 Orang) dibawah pimpinan Iptu Lai Bahar mendarat pertama kali di Pantai Amurang (Sekarang menjadi Mapolsek Amurang) untuk melakukan tugas penumpasan terhadap pasukan PPK.

Pada Tahun 1953 1 Kompi dari Resimen IX kompi 5275 di Pimpin oleh Iptu Han Dumalang bergabung dengan Batalyon Worang mendarat di Manado Juga untuk melakukan pembersihan terhadap kelompok yang mengatasnamakan PPK dan pimpinan PPK pada saat itu berhasil ditangkap.

Pada Tahun 1959 terjadi penambahan personil dari Resimen IX Kompi 926 dipimpin Iptu Victor Pantauw yang merupakan cikal bakal terbentuknya 3 Kompi pasukan mobil brigade polisi di Sulut dimana Kompi A dan B berkedudukan di Bethesda yang sekarang menjadi Mapolda Sulut serta Kompi C berkedudukan di Kecamatan Langowan sekarang sudah menjadi Sekolah Dasar Negeri 5 Langowan.

Pada tahun 1976 terjadi likuidasi Brimob sehingga Batalyon 926 dilebur menjadi 2 (dua) Kompi BS yaitu Kompi 38 dan Kompi 39 yang berkedudukan di Jl. Bethesda Manado, dan Pada tahun 1980 Kompi 39 mengikuti latihan pemantapan di Pusdik Brimob Watukosek.

Pada tanggal 14 November 1983 terjadi likuidasi satuan Brimob maka Kompi 38 dan Kompi 39 dilebur menjadi 1 kompi yaitu Kompi 5153 yang berkedudukan di Paniki Kecamatan Mapanget.

Sedangkan sebagian dari personil Ki 38 dan Ki 39 dimutasikan ke Polda Sulteng yang merupakan kerangka Kompi Brimob Sulteng.

Halaman
123
Penulis: Nielton Durado
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved