KPP Pratama Ternate Berdayakan UMKM Maluku Utara

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate Ajak Jendela UMKM Indonesia dan LPPOM MUI bangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Maluku Utara

KPP Pratama Ternate Berdayakan UMKM Maluku Utara
istimewa
Pelatihan UMKM Ternate 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate Ajak Jendela UMKM Indonesia dan LPPOM MUI bangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Maluku Utara melalui kegiatan Business Development Services. Kegiatan tersebut digelar di Aula Bank Indonesia, Selasa (13/11/2018).

Satu di antara UMKM digital asal Sulawesi Utara yaitu jendelaumkm.com hadir sebagai salah satu narasumber.

Wahyudi Mokoagow, Founder lembaga edukasi UMKM tersebut membawakan materi terkait pemanfaatan potensi pengguna media sosial, optimasi branding baik melalui media sosial, serta trik menggunakan smartphone untuk memaksimalkan foto produk sebagai sarana pemasaran di media sosial dan market place bagi UMKM Maluku Utara di Ternate.

Baca: Disperindag Sulut dan BI Sosialisasi KUR ke UMKM Agar Serapan Meningkat

“Jendela UMKM sendiri memfasilitasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya, serta penguatan marketingnya. Istimewanya jendelaumkm.com memperkenalkan sistem mentoring, sehingga pelaku UMKM langsung belajar dari pelaku UMKM yang sukses.” kata Wayudi dalam rilisnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh KKP Pratama Ternate ini merupakan upaya KKP menjangkau wajib pajak melalui pendekatan end to end (langsung) memberikan pengetahuan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan kapasitasnya.

Baca: Halal untuk Semua Kalangan, Workshop Sertifikasi Halal UMKM Se-Sulut

Kepala KKP Pratama Ternate Irawan, SE MM mengungkapkan guna mendorong pencapaian penerimaan negara yang optimal, KKP Pratama Ternate mendorong kapasitas masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk dapat berkembang secara mandiri. “Tentu saja kami menghadirkan pelaku UMKM Digital yang kompetan dan sesuai dengan kondisi kekinian,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, kegiatan yang mendapat dukungan juga dari beberapa Bank BUMN yakni BRI, BNI dan Mandiri juga menghadirkan nara sumber Dr Muhammad Amin M Eng, selaku Auditor Halal LPPOM MUI juga memberikan sosialisasi terkait dengan Apa itu sertifikat/label halal dan tatacara permohonan penerbitan sertifikat halal untuk pengembangan usaha para pelaku UMKM Maluku Utara.

Baca: Gubernur Sulut Buka Gebyar UKM 2018

Kepala Perwakilan BI Maluku Utara Dwi Tugas Waluyanto berharap melalui kegiatan ini, usaha para UMKM yang ada bisa lebih terdorong untuk maju dan mampu bersaing dengan para pelaku UMKM di daerah lain.(erv)

Penulis: Herviansyah
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved