Mari Mengenal 7 Jenis Teh dan Manfaatnya

Begitu banyak macam teh yang kita jumpai bila kita berbelanja di supermarket.

Mari Mengenal 7 Jenis Teh dan Manfaatnya
Internet
Secangkir teh di pagi hari 

TRIBUNMANADO. CO.ID- Begitu banyak macam teh yang kita jumpai bila kita berbelanja di supermarket. Anda pun bertanya-tanya teh apa saja ini dan apa manfaatnya. Mari kita simak berbagai jenis teh dan manfaatnya bagi kesehatan kita. Seperti dilansir dari times of india berikut ini.

- Teh hijau. Teh ini dianggap sebagai teh terbaik jika Anda ingin menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung dosis tinggi dari EGCG. Senyawa ini memiliki sifat kuat, yang mencegah berbagai penyakit seperti kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, dll. Juga membantu dalam mencegah penyakit Alzheimer, membakar lemak terbesar dan membunuh stres.

- Teh hitam. Teh ini sangat populer dan secara luas dikonsumsi. Terbuat dari daun teh yang difermentasi. Teh hitam mengandung kafein tinggi. Menurut berbagai penelitian, teh hitam sangat efektif dalam mengendalikan kerusakan paru-paru karena merokok. Selain itu juga menurunkan risiko stroke.

- Teh oolong. Teh ini kurang lebih mirip dengan teh hitam, perbedaannya adalah, teh ini difermentasikan dengan waktu yang lebih lama, yang memberikan rasa yang lebih kuat. Karena enzim tertentu dalam teh ini, membantu mencairkan trigliserida, dan membantu dalam penurunan berat badan.

- Teh putih. Teh putih mengalami pengolahan minimal, sehingga memiliki tingkat tinggi antioksidan. Antioksidan dalam teh putih ini membantu dalam mencegah kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, konsumsi secara teratur juga membantu dalam menurunkan risiko kanker, tekanan darah, dan masalah kolesterol.

- Teh Pu-erh. Teh ini terbuat dari daun dan batang tanaman Camellia sinensis. Keduanya melalui fermentasi dan penyimpanan yang panjang. Teh ini berguna untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan dan membantu mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh.

- Teh rasa. Selain teh hitam, putih, atau teh hijau biasa, ada yang dicampur dengan berbagai rasa seperti kayu manis, lavender, dll. Memiliki kadar antioksidan yang sama, selain itu menambahkan rasa pada teh. Pilihlah yang bebas dari gula, untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

- Teh herbal. Teh ini adalah kombinasi buah-buahan kering, bunga, dan tumbuhan lain. Ada berbagai teh herbal di pasaran seperti teh chamomile, pepperment tea, dll. Semuanya memiliki manfaat tertentu, mulai membuat tidur nyenyak, serta menurunkan hipertensi.

Anda sudah coba teh yang mana?

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved