Tatong Bara Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (29/10/2018) melaksanakan Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Lapangan Boki

TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
foto 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (29/10/2018) melaksanakan Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Lapangan Boki Hontinimbang Kotamobagu.

Pada saat itu juga dirangkaikan dengan Apel Korpri.

Baca: Momentum Sumpah Pemuda, Tak Disangka, Ternyata 5 Artis Kondang Ini Keturunan Pahlawan Nasional

Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menjadi inspektur upacara memimpin pelaksanaan upacara tersebut.

Baca: Wali Kota Tatong Bara Lantik Ketua TP PKK 2018-2023

Wali Kota Tatong Bara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi.

Tatong mengatakan hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Baca: Tatong Bara Dinobatkan Sebagai Pemangku Adat Tertinggi di Kotamobagu

"Kita semua berhutang budi kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun Indonesia, satukan Indonesia," ujar Tatong.

Baca: Vicky Lumentut, Yasti, Tatong dan SAS Disebut Gabung ke Partai Nasdem, Ini Kata Max Lomban

Hari Sumpah Pemuda ke 90 ini bertemakan Bangun Pemuda Satukan Indonesia. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaa, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca: TB-NK Gelar Syukuran, Ribuan Orang Padati Kediaman Tatong

Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah Asia. Perhelatan asian games, para atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4. Serta di ajang asian paragames para atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5.

"Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia, serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidangnya," ujar Tatong masih membacakan sambutan menteri.

Baca: Abram Absen Kuliah dari Australia Demi Saksikan Ibu Dilantik, Tatong Dipeluk Pendukung Setia

Tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat I, dan DPRD Tingkat II.

Baca: Penyerahan SK Alih Kelola UDK, Tatong: Terima Kasih Kemenristek Dikti

"Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas," ujar Tatong.

Baca: Dengarkan Ceramah, Tatong Bara Bersama Masyarakat Peringati Tahun Baru Islam

Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa pendiri bangsa dan jasa pahlawan kita. "Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-90. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho NYA kepada kita semua. Ayo bangun pemuda, satukan Indonesia," ujar Tatong. (dik)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved