Tim Implementasi Sinode Terbentuk, Ini Jadwalnya di Setiap Kevikepan

Tugas Bidang Sinode Yubileum 150 tahun Gereja Katolik kembali, tumbuh dan berkembang di wilayah Keuskupan Manado belum selesai.

Tim Implementasi Sinode Terbentuk, Ini Jadwalnya di Setiap Kevikepan
Logo Uskup Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tugas Bidang Sinode Yubileum 150 tahun Gereja Katolik kembali, tumbuh dan berkembang di wilayah Keuskupan Manado belum selesai.

Pastor Steven Lalu, ketua bidang sinode membagi kronologi sinode dan kegiatan implementasi sinode yang sementara berjalan melalui komsosmanado.com.

"14 September 2017, Uskup, Mgr. Rolly Untu, MSC mengumumkan di Kema, Perayaan Yubileum 150 tahun kembalinya iman Katolik di Keuskupan Manado. 4 Januari 2018, Panitia Perayaan diumumkan. Panitia terbagi atas bidang Katekese, Sinode dan Perayaan," katanya, Kamis (27/9/2018)

Baca: Hari Ini 150 Tahun Lalu, Pastor Van De Vries Tiba di Langowan, Kembalinya Gereja Katolik

Ia mengatakan selanjutnya 8-13 Juli 2018, Uskup memanggil para imam dan wakil-wakil umat Keuskupan untuk mengadakan sinode Keuskupan untuk merumuskan Arah Dasar Keuskupan Manado, mengumpulkan masukan dan input untuk menyusun Rencana Strategis Pastoral dan merevisi Statuta Keuskupan.

"Panitia yang mempersiapkan Sinode sebelumnya sudah menyusun Linieamenta (Garis-garis besar Materi Pembahasan), TOR (Term of reference), mengumpulkan bahan lewat Animasi APP dan FGD (Focus Group Discussion), kemudian menyusun Instrumentum Laboris Sinode, Panduan Pendalaman Tema dan Pedoman Pelaksanaan Sinode. Sinode dibuka pada ulang tahun pertama Mgr. Rolly sebagai Uskup," katanya.

Baca: Gubernur Olly Hadiri Perayaan Puncak Yubilium Ke-150 Tahun Gereja Katolik Keuskupan Manado

Ia menjelaskan sesudah sinode, uskup membentuk tim untuk merumuskan Renstra dan Revisi Statuta. Dan 14 September 2018, pada pesta Salib suci dan Perayaan Puncak Yubileum di Amphitheater, Lotta, Arah Dasar Keuskupan (ARDAS), Rencana Strategis Pastoral (Renstra) dan Statuta yang sudah direvisi, dipromulgasikan secara resmi dan dinyatakan berlaku di seluruh wilayah Keuskupan Manado.

"Menindaklanjuti, seluruh hasil sinode, uskup membentuk lagi Tim untuk mengimplementasikan hasil Sinode. Team dibentuk dari Pusat Pastoral Keuskupan, sebagian penyusun Renstra, SC Sinode,pembuat revisi statuta dan Dewan Keuangan," katanya.

Selanjutnya, bersama uskup, tim mulai berjalan dari kevikepan ke kevikepan untuk mengadakan sosialisasi dan membantu paroki-paroki untuk menyusun program tahun 2019, berdasarkan Ardas, Renstra dan Statuta.

"Kamis-Sabtu, 20-22 September sudah dilangsungkan di Kevikepan Tomohon, tepatnya di Aula Kristianitas, Walian dan di Kevikepan Tondano-Mitra, tepatnya di Paroki Sonder. Sosialiasi akan terus dilanjutkan ke seluruh Kevikepan, Komisi-komisi dan lembaga-lembaga terkait Keuskupan," katanya.

Baca: Polsek Pineleng Kawal Penutupan Yubelium Umat Katolik di Lotta

Ia mengatakan mulai Kamis, 27 September sampai Sabtu 29 September, akan diadakan di Kevikepan Tombulu. Tanggal 1-4 Oktober akan digelar di Kevikepan Nusa Utara untuk Paroki Mangaran dan Melonguane, dan nanti 15-18 Oktober untuk Paroki Siau dan Tahuna.

"Tanggal 5-6 Oktober Implementasi untuk kelompok-kelompok Kategorial, tanggal 08-11 Oktober Tim akan menuju ke kevikepan Luwuk Banggai. 23-26 Oktober Kevikepan Palu, 29-31 Oktober Kevikepan Stella Maris, 1-3 November Kevikepan Tonsea dan 5-7 November untuk Kevikepan Manado.

"Tim Implementasi mengajak seluruh umat untuk memahami bersama isi Arah Dasar, Renstra dan Statuta dan dari pemahaman ini, semuanya diminta untuk mulai belajar merumuskan program-program yang sesuai berinspirasi dari ARDAS, Renstra dan STATUTA. Dan diharapkan semua paroki sudah memasukkan ke tim Pusat Pastoral seluruh Rencana Kerja Paroki untuk tahun 2019. Semoga Sosialisasi dan Implementasi Hasil Sinode boleh berjalan dengan baik dan boleh juga dilaksanakan dengan baik" kata  Pastor Steven yang juga ketua komisi sosial komunikasi (komsos) Keuskupan Manado itu.

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved