Idul Adha 2018

Idul Adha 1439 H Besok, Inilah Amalan-amalan Sunnah yang Sayang Jika Ditinggalkan

Amalan Sunnah dari Nabi Muhammad SAW saat Idul Adha adalah tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha (Sholat Ied).

Idul Adha 1439 H Besok, Inilah Amalan-amalan Sunnah yang Sayang Jika Ditinggalkan
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Amalan Sunnah dari Nabi Muhammad SAW saat Idul Adha adalah tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha (Sholat Ied).

Seperti yang kita tahu, hari raya Idul Adha 2018 jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018. Banyak amalan sunnah yang dapat dikerjakan selama Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha ini dikenal dengan Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji, karena pada hari itu kegiatan kurban dan ibadah haji dilaksanakan.

 
Sebagai ibadah tahunan, maka hendaknya umat islam melaksanakannya dengan sesempurna mungkin dengan menjalankan semua amalan-amalan sunnah pada hari tersebut dengan niat tulus dan mengharap pahala dari Allah SWT.

Berikut kesunahan yang dianjurkan oleh para ulama dikutip dari situs nu.or.id:

1. Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir dilakukan di Masjid-masjid, Mushalla dan rumah-rumah pada malam hari raya idul adha, dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari idul adha yang dilanjutkan sampai hari terakhir tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyriq.

Karena pada malam tersebut kita dianjurkan untuk mengagungkan , memuliakan dan menghidupkannnya, anjuran ini sebagaimana terdapat dalam Kitab Raudlatut Thalibin:

فَيُسْتَحَبُّ التَّكْبِيرُ الْمُرْسَلُ بِغُرُوبِ الشَّمْسِ فِي الْعِيدَيْنِ جَمِيعًا، وَيُسْتَحَبُّ اسْتِحْبَابًا مُتَأَكَّدًا، إِحْيَاءُ لَيْلَتَيِ الْعِيدِ بِالْعِبَادَةِ

Disunahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah.

Halaman
1234
Editor: Aldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved