Breaking News:

Pangdam Cerita Pernah ke Rumbia: Ribuan Prajurit Sambut Mayjen Tiopan

Panglima Kodam XIII Merdeka, Mayjen Tiopan Aritonang, disambut ribuan prajurit saat tiba di Makodam XIII Merdeka, Kamis (26/7/2018) pukul

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
TRIBUN MANADO/HANDHIKA DAWANGI
Ikatan Nyong Nona Manado menyambut kedatangan Panglima Kodam XIII Merdeka, Kamis (26/07/2018) pagi di VIP Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Panglima Kodam XIII Merdeka, Mayjen Tiopan Aritonang, disambut ribuan prajurit saat tiba di Makodam XIII Merdeka, Kamis (26/7/2018) pukul 14.20 Wita.

Saat di pintu depan Makodam, Pangdam yang datang bersama istri disambut dengan penghormatan berjajar.

Dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada Pangdam dan pemberian bunga tangan kepada istrinya.

Pangdam kemudian berjalan melewati penghormatan pedang pora oleh Perwira Kodam XIII Merdeka. Langkah Pangdam dari pintu masuk ke gedung Makodam diiringi dengan nyanyian seluruh prajurit. Mereka menyanyikan lagu selamat datang bagi Pangdam.
Lagu itu merupakan karya Ismail Marzuki yang disesuaikan. "Selamat datang bapak panglima

Lama nian kami rindukan bapak. Bertahun-tahun bercerai mata Kini kita dapat berjumpa pula. Dengarkan sorak gegap gempita Mengiringi derap langkah bapak panglima. Hilangkan rindu dendam ibumu. Selamat datang di Manado“.

Setelah itu dilanjutkan dengan upacara penghormatan Pataka Jaya Sakti. Panglima Aritonang mengatakan, bahwa kesan pertamanya terhadap masyarakat, yaitu begitu bersemangat.

"Tarian tadi itu (Kabasaran) menandakan semangat. Pengalungan bunga tanda persahabatan penyambutan orang baru," ujar Pangdam.
Bukan kali pertama Aritonang ke Manado. Hal itu diungkapkannya kepada Tribun Manado usai pemaparan dari pejabat utama Kodam di Makodam sore harinya.

"Sejujurnya saya baru kedua kali ke Sulut. Yang pertama tahun 1985," ujar Pangdam. Kedatangan Mayjen Tiopan ke Sulut waktu itu adalah saat dia melaksanakan semacam kuliah kerja lapangan.

"Pada saat itu saya taruna melaksanakan kegiatan bisa dikatakan kuliah kerja lapangan di Rumbia," ujar dia.
Hari ini adalah yang kedua kalinya dia datang ke Sulut. Ke depan Mayjen Tiopan mengatakan akan melanjutkan program kerja Kodam XIII Merdeka yang sudah ada.

"Program kerja saya yakni akan meneruskan program yang sudah digariskan. Ini sudah memasuki semester kedua. Kita evaluasi, perbaiki, dan lanjutkan. Dalam waktu dekat kita akan meresmikan Korem 133 Gorontalo," ujar dia.

Mayjen Tiopan mengatakan serah terima jabatan ini adalah hal yang biasa. "Aktivitas seperti biasa, semua personel tetap berjalan seperti biasa. Selanjutnya sesuai tugas saya, wilayah Kodam yang berbatasan dengan negara luar seperti Filipina. Saya akan perkuat perbatasan. Untuk mengantisipasi masuknya tidak hanya narkoba melainkan yang lain juga termasuk teroris," ujar dia. (dik)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved