Uang PNS Rp 30 Miliar Ikut Tenggelam: KM Lestari Maju Karam di Perairan Selayar

Kapal Motor (KM) Lestari Maju dikabarkan tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata,

Uang PNS Rp 30 Miliar Ikut Tenggelam: KM Lestari Maju Karam di Perairan Selayar
HANDOVER
Kapal Motor (KM) Lestari Maju dikabarkan tenggelam saat berlayar dari pelabuhan Bira ke pelabuhan Pamatata Selayar, Selasa (3/7/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MAKASSAR - Kapal Motor (KM) Lestari Maju dikabarkan tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa(3/7). Kapal itu turut mengangkut mobil berisikan dana Rp 30 milliar milik bank Sulselbar yang rencananya akan dipakai untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten Selayar.

Atas insiden tersebut, Pemimpin Group Treasury Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan menegaskan tidak menghawatirkan kejadian tersebut. "Total uang yang ikut tenggelam sekitar Rp 30 Milliar, uang tersebut akan dipergunakan untuk pembayaran gaji ASN di Selayar, namun uang tersebut telah kami asuransikan semuanya," katanya.

Dikatakannya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi saat ini, pihak Bank Sulselbar selalu mencover dengan asuransi agar selalu aman. Yanti menyebut, uang Rp 30 miliar itu dibawa 5 pegawai BPD Sulselbar. Empat pegawai selamat, tapi 1 pegawai masih di kapal.

"Satu pegawai kami, driver masih menggantung di bibir kapal," sebutnya. Dia memastikan pembayaran gaji PNS tetap berjalan seperti biasa.

Enam Tewas

Komandan Pos Jaga Pelabuhan Bira, Andi Abidin mengatakan peristiwa karamnya KM Lestari Maju diantara Pulau Pasi dan Pelabuhan Pamatata, Selayar menelan enam korban jiwa. "Untuk saat ini tim di sana masih melakukan evakuasi, namun untuk info terakhir yang kami terima, saat ini telah ada enam korban jiwa," tuturnya.

Sekadar diketahui, KM Lestari Maju berangkat dari Pelabuhan Bira sekitar pukul 10.30 Wita dan dikabarkan karam sekitar pukul 13.00 Wita karena mengalami kebocoran. Kapal tersebut dikabarkan mengangkut 139 penumpang dan 48 kendaraan bermotor.

Menurut Abidin, kapal bermuatan 139 penumpang tersebut karam diantara Pulau Pasi dan Pelabuhan Pamatata, karena mengalami kebocoran pada badan kapal.

"Tidak ada kelebihan penumpang. Selain ada kebocoran, juga dipicu akibat cuaca buruk," ujar Abidin.
Sempat Menepi

Sebelum karam nahkoda KM Lestari Maju sempat melakukan inisiatif untuk meminggirkan kapal ke pulau kecil dekat lokasi musibah.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved