Dandim Bolmong Tatap Muka dengan Forkompinda

Dandim 1303/BM Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono mengatakan Geladi Posko dilakukan untuk antisipasi penanganan bencana alam.

Dandim Bolmong Tatap Muka dengan Forkompinda
TRIBUN MANADO/MAICKEL KARUNDENG
Kodim 1303/BM gelar latihan Geladi Posko guna penanganan bencana alam di wilayahnya, Selasa (5/6/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Guna menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas yang akan dihadapkan di lapangan, Kodim 1303/BM gelar latihan Geladi Posko guna penanganan bencana alam di wilayahnya, Selasa (5/6/2018).

Bertempat di Ruang Transit Makodim 1303/BM, melalui rangkaian latihan Geladi Posko dilaksanakan kegiatan tatap muka bersama Forkopimda serta instansi Pemerintah Kabupaten Bolmong.

Dandim 1303/BM Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono dalam paparannya menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini adalah selain silaturahmi dengan para pejabat Forkopimda Kabupaten Bolmong juga merupakan kesempatan untuk berbagi informasi tentang situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Bolmong dalam beberapa bulan terakhir.

Lebih lanjut Dandim menerangkan, Secara umum kondisi wilayah Bolmong sedang berada di musim penghujan dan akan memasuki musim kemarau, namun demikian masih banyak terdapat di beberapa wilayah yang curah hujannya cukup tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor seperti yang terjadi di Desa Bakan Kecamatan Lolayan.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) Kabupaten Bolmong, situasi Gunung Ambang aktif, tapi diam ini yang berbahaya, lebih bagus aktif tetapi kita ketahui," ungkap Dandim.

Pada kesempatan ini mari kita tingkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi diwilayah dengan mengorganisasi kembali unsur-unsur yang ada pada BPBD, kemudian kita sosialisasikan dan apabila terjadi bencana kita sudah siap untuk menanggulangi.

Latihan Geladi Posko tingkat Kodim dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam menanggulangi bahaya erupsi gunung meletus, seperti yang tercantum dalam tema latihan.

Kodim 1303/BM bersama seluruh komponen bangsa di wilayah membantu menanggulangi akibat bencana alam erupsi gunung Ambang, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dalam rangka operasi militer selain perang.

“Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan," tutup Dandim. (Tribunmanado.co.id/Maickel Karundeng)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved