Waspada! Mi Boraks Beredar di Manado:Telusuri Pemasok Abu Kopra, 6 Produsen Terancam Sanksi Berat

Pemerintah perlu tegas! Boraks, bahan pembersih dan pengawet kayu, kembali ditemukan pada mi basah yang diproduksi enam produsen

Waspada! Mi Boraks Beredar di Manado:Telusuri Pemasok Abu Kopra, 6 Produsen Terancam Sanksi Berat
istimewa
Petugas BBPOM periksa sampel mi basah di kawasan Pasar Pinasungkulan, Manado, Minggu (20/5/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah perlu tegas! Boraks, bahan pembersih dan pengawet kayu, kembali ditemukan pada mi basah yang diproduksi enam produsen di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Kota Manado.

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado menemukan mi basah positif mengandung boraks. Penemuan makanan berbahaya itu setelah inspeksi mendadak (sidak) di enam lokasi di kompleks Pasar Karombasan.

Mi basah mengandung boraks ditemukan dari produsen berinisial ST, SE, ET, YY, HE dan AN. “Kita menemukan mi basah positif mengandung boraks di enam produsen mi basah,” ujar Kepala BBPOM Manado, Rustyawati kepada tribunmanado.co.id, Minggu (20/5/2018).

Lanjut Rustyawati, awalnya petugas BBPOM melaksanakan pemantauan terhadap takjil ramadan, namun belum ditemukan yang makanan berbahaya. Justru mi basah yang ditemukan positif mengandung boraks.

Kata Rustyawati, sebelumnya pada Januari 2018 ditemukan ada mi basah yang positif boraks. BBPOM kemudian memberikan sosialisasi sekaligus meminta komitmen di atas meterai kepada produsen.

Setelah tiga minggu kemudian memang hasil tes sampel sudah negatif. Namun setelah tiga bulan kemudian, kembali lagi ditemukan mi positif mengandung boraks. “Sanksinya akan kita proses sesuai perundang-undangan sampai ke pengadilan,” ujar Rustyawati.

Pada sidak kali ini, tidak hanya menemukan mi mengandung boraks. Tetapi juga ditemukan adanya penggunaan abu hasil pengasapan kopra (kelapa) yang diduga dicampur boraks.

“Jadi ditemukan boraks terselubung dalam abu kopra. Namun masih akan kami telusuri pemasoknya,” ujar Rustyawati.

Rustyawati menambahkan setelah dilakukan pemeriksaan atau tes laboratorium terhadap abu kopra haslinya positif mengandung boraks. Dia mengatakan, BBPOM terus akan melakukan pemantauan. Dia berharap masyarakat lebih waspada lagi untuk memilih bahan makanan.

Adapun ciri-ciri mi basah yang mengandung boraks yakni mi mengkilap dan kenyal. Mi yang tidak mengandung boraks akan tampak kusam dan mudah hancur.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved