Breaking News:

RSUD Mitra Sehat Belum Beroperasi Sejak Diresmikan, Ini Komentar Kadis Kesehatan

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Sehat yang diresmikan Gubernur Olly Dondokambey belum dioperasikan

TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
RSUD Mitra Sehat di? Desa Towuntu Timur Kecamatan Pasan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Sehat yang diresmikan Gubernur Olly Dondokambey pada Desember tahun lalu hingga saat ini belum dioperasikan.

Rumah sakit tipe C ini terletak di jalan raya Desa Towuntu Timur, Kecamatan Pasan. Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Kami sangat berharap sekali rumah sakit ini segera beroperasi, karena lokasinya dekat dengan kami," kata Johanis Losung (79), warga Desa Towuntu, Minggu (6/5).

Saat ini warga di Kecamatan Pasan dan Mitra jika sakit parah, harus pergi ke rumah sakit Noongan, Budi Setia Langowan hingga RSUP Prof Kandou, Manado. Merasa jauh dan harus mengeluarkan biaya lebih, selain biaya berobat juga untuk transportasi.

Sebelumnya Panitia Khusus (pansus) LKPJ DPRD Mitra, mengeluarkan rekomendasi dan catatan terhadap lokasi pembangunan RSUD Mitra Sehat yang tidak sesuai arah pemanfaatan ruang wilayah kabupaten, dan arah pembangunan wilayah, untuk mewujudkan struktur ruang dan pola ruang wilayah kabupaten.

"Kami pansus merekomendasikan dan mencatat pembangunan rumah sakit bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2013 pasal 34 huruf a tentang RTRW Kabupaten Mitra tahun 2013-2033. Dalam Perda itu, tidak menyebutkan bahwa wilayah Pasan adalah lokasi rumah sakit melainkan Tombatu Timur," kata Meldy Untu ketua Pansus LKPJ DPRD Mitra.

RSUD Mitra Sehat memiliki empat bangunan. Mulai dari gedung utama, UGD, Poliklinik, dan instalasi rawat inap.
Terpisah, Helny Ratuliu kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, menindak lanjuti rekomendasi dan catatan dari pansus LKPJ DPRD Mitra, dengan membuka pengoperasian rumah sakit.

"Mulai Senin besok sudah dibuka, untuk pelayanan rawat jalan," kata Helny.
Mengapa belum semuanya dioperasikan, kata Helny karena fasilitas penunjang seperti alat kesehatan masih kurang. Dalam pelayanan rawat jalan di RSUD Mitra, akan ditopang dengan bantuan tenaga para medis dari 13 puskesmas di Mitra.(crz)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved