Breaking News:

Inilah Wujud Roh Jahat 11.000 Tahun Lalu

Patung kayu dengan panjang 5 meter ini ditemukan terpendam sedalam 4 meter di dearah rawa gambut di Yekaterinburg, Rusia tahun 1894.

Editor:
Patung kayu kuno dari Rusia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Misteri patung kayu kuno dengan tujuh wajah manusia perlahan terkuak. Analisis terbaru mengungkapkan bahwa patung ini berusia 11.000 tahun atau dua kali lipat usia Piramida Agung Giza di Mesir.

Patung kayu dengan panjang 5 meter ini ditemukan terpendam sedalam 4 meter di dearah rawa gambut di Yekaterinburg, Rusia tahun 1894.

Secara total, para peneliti menemukan tujuh ukiran mirip wajah manusia pada patung yang berasal dari kayu pinus yang berdaun runcing atau larch, beberapa disembunyikan di dalam ukiran.

Dikutip dari Iflscience, Kamis (26/4/2018), potongan-potongan artefak patung kayu itu berhasil disatukan kembali pada tahun 1914, meskipun tidak semua potongan artefaknya dalam kondisi utuh.

Untuk memastikan ulang usia patung kayu tersebut, para peneliti mengambil sampel dari inti kayu yang paling dalam.

Lalu, peneliti melakukan penaksiran radiokarbon dengan teknik Accelerator Mass Spectrometry (AMS). Teknik ini menganalisis atom karbon yang luruh usai proses ledakan ion bermuatan.

Selain itu, peneliti juga membandingkannya dengan penemuan lainnya di lokasi sekitar, yaitu ukiran tanduk yang sudah dipastikan berasal dari zaman awal Holosen.

Seperti diketahui, pada zaman tersebut wilayah Eurasia sedang memanas dan zaman es mulai menyusut. Perubahan alam tersebut ternyata juga berpengaruh terhadap seni.

Dikutip dari Sciencealert, Jumat (27/4/2018), artefek dengan desain mirip patung kayu asal Yekaterinburg juga telah ditemukan di Turki, dan berasal dari periode yang sama.

"Seni figuratif pada hewan zaman Paleolitik dan secara natural dicat di tembok gua dan diukir di batu, semuanya berhenti pada akhir zaman es," kata arkeolog Peter Vang Petersen dari National Museum of Denmark kepada Science, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Patung kayu ketika disatukan pada 1914
Patung kayu ketika disatukan pada 1914 ()
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved