Moon Jae In Sempat Ragu Menyeberang ke Korea Utara Lalu Digenggam Kim Jong Un

Ada 'kekakuan' yang segera cair saat Presiden Korea Selatan Moon Jae In hendak menyeberangi garis demarkasi sisi Utara

Moon Jae In Sempat Ragu Menyeberang ke Korea Utara Lalu Digenggam Kim Jong Un
TRIBUNNEWS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat menggenggam erat tangan Presiden Korea Selatan Moon Jae In yaang hendak menyeberangi garis demarkasi sisi Utara di wilayah gencatan senjata, perbatasan Desa Panmunjom, zona demiliterisasi (DMZ) antar Korut dan Korsel. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOREA SELATAN - Ada 'kekakuan' yang segera cair saat Presiden Korea Selatan Moon Jae In hendak menyeberangi garis demarkasi sisi Utara, bersama Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Kim tampaknya berniat menurunkan tensi ketegangan antara negaranya dengan negara yang dipimpin Moon, setelah mengalami konflik dalam beberapa dekade.

Korea Summit Press Pool Kim Yo Jong menjadi satu-satunya wanita dalam pertemuan antara sang kakak, Pemimpin Korea Utara kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In.
Korea Summit Press Pool Kim Yo Jong menjadi satu-satunya wanita dalam pertemuan antara sang kakak, Pemimpin Korea Utara kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In. (TRIBUNNEWS)

Ia tampak tenang mengajak Moon memasuki wilayah negaranya.

Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (27/4/2018), sebelum menyeberangi garis demarkasi di wilayah gencatan senjata, perbatasan Desa Panmunjom, zona demiliterisasi (DMZ) antar Korea Utara dan Korea Selatan, Moon sempat bertanya kepada Kim, apakah dirinya diizinkan memasuki wilayah Korea Utara.

"Apa saya diizinkan menyeberang?" kata Moon, seakan memastikan Kim mengizinkannya memasuki wilayah Korea Utara.

Militer Korut
Militer Korut (AFP)

Pertanyaan Moon pun langsung dibalas Kim.

"Kalau begitu, kita akan menyeberang sekarang?" ucapnya.

Kim tampak membujuk Moon untuk ikut melangkah ke sisi Utara, ia memegang erat tangan mitra Selatannya itu dan keduanya pun menyeberangi perbatasan sambil bergandengan tangan.

Kendati kedua negara tersebut sedang melakukan gencatan senjata dan mengadakan pertemuan untuk membahas perundingan perdamaian, namun secara teknis Korea Utara dan Korea Selatan masih tetap berperang, karena keduanya belum terikat perjanjian damai.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kim Jong Un Genggam Erat Tangan Moon Jae In, Ajak Memasuki Wilayah Korea Utara, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/04/27/kim-jong-un-genggam-erat-tangan-moon-jae-in-ajak-memasuki-wilayah-korea-utara.
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved