BI Jalin Kerja Sama Memanfaatkan Layanan Jasa KSEI

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

KSEI
Dirut KSEI Friderica Widyasari Dewi (kedua dari kanan) menandatangani perjanjian Pembukaan Rekening Bank Indonesia di KSEI, bersama Kepala Departemen Operasional Tresuri dan Pinjaman BI Aribowo (kedua dari kiri) disaksikan Direktur Pengawasan Transaksi Efek OJK Khoirul Muttaqien (kanan) dan Kepala Departemen Pengelolaan Sistem Informasi BI Dyah Lubis (kiri) di Kantor Bank Indonesia di Jakarta, belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) sehubungan dengan fungsi KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di Pasar Modal Indonesia.

Dalam kerjasama kali ini, BI dapat menggunakan layanan jasa yang disediakan KSEI, antara lain yang terkait dengan Rekening Efek.

Dalam siaran pers yang dikirim ke Tribun Manado, Senin (23/4/2018), Direktur KSEI, Friederica Widyasari mengatakan, penandatanganan kerja sama dilaksanakan 18 April 2018 di Jakarta.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi dan Kepala Departemen Operasional Tresuri dan Pinjaman BI Aribowo melakukan penandatanganan perjanjian pemanfaatan layanan KSEI tersebut.

Penandatanganan disaksikan Direktur Pengawasan Transaksi Efek Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Khoirul Muttaqien, Direktur KSEI Supranoto Prajogo, serta Kepala Departemen Pengelolaan Sistem Informasi BI Dyah Lubis.

Jalinan kerjasama antara BI dan KSEI untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun 2006 ketika KSEI menjadi anggota Sub-Registry BI untuk mengadministrasikan penyimpanan dan penyelesaian Surat Berharga Negara (SBN).

Setelah itu terdapat kerjasama terkait dengan penerbitan Single Investor Identification (SID) bagi pemilik Surat Berharga Negara (SBN) dan Surat Berharga yang diterbitkan Bank Indonesia pada 22 September 2016. Dan yang terbaru pada 20 Desember 2017 kerjasama terkait penatausahaan dan penyelesaian transaksi sertifikat deposito yang ditransaksikan di pasar uang.

Dalam kesempatan ini BI dan KSEI bertemu kembali untuk melaksanakan penandatangan perjanjian terkait Rekening Efek. Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, maka Bank Indonesia dapat menggunakan layanan jasa yang diselenggarakan oleh KSEI.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved