Breaking News:

Kalau ke Bolsel Wajib Menikmati Ikan Bakar di Rumah Makan ini, Sambalnya itu Lho

Untuk sambalnya, memang lain dari yang lain. Aroma kuat minyak kelapa 'home made' menjadikan sambal di sini spesial.

Ikan bakar RM Nurna Husain di Sondana jadi menu wajib mereka yang baru datang ke Bolsel 

Berkunjung ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tidak lengkap jika tidak mencoba nikmatnya ikan bakar di Rumah Makan Nurna Hasani.

DILIHAT sepintas, tampilan RM Nurna Hasani yang berdiri tepat di bibir pantai Desa Sondana, Bolaang Uki begitu sederhana. Seperti kebanyakan tempat makan kebanyakan. Apa yang membedakan rumah makan ini dari yang lainnya ialah hampir setiap hari dipenuhi oleh para pemburu kuliner.

Baik itu masyarakat, ASN Pemkab Bolsel hingga para tamu yang datang dari luar Bolsel. Penyajian 'ikan bakar pengoyang lidah' sebutan warga terlihat sama dengan yang ada di rumah makan lainnya tapi yang membedakan cara penyajiannya.

Nurna pemilik rumah makan, mengatakan yang membedakan yaitu cara membakarnya yang menggunakan minyak kelapa buatan sendiri baik untuk ikan maupun sambalnya.

Untuk sambalnya, memang lain dari yang lain. Aroma kuat minyak kelapa 'home made' menjadikan sambal di sini spesial. Anda yang baru pertama kali mencoba, pasti ketagihan.

"Saya pakai minyak kelapa buatan untuk menambah nikmat. Begitu juga sambalnya saat mendekati masak saya masukan bara tempurung untuk menambah cita rasa bakarnya," ujar Nurna.

Selain bara tempurung yang tidak boleh terlalu panas, harus memperhatikan lama pemanggangan. Dua faktor itu akan mempengaruhi tekstur daging. "Pada intinya jangan terlalu cepat dan terlalu lama tekstur daging akan berubah," ujarnya.

Ditambahkannya agar cita rasa benar - benar muncul dan bau amis menghilang harus menggunakan perasan jeruk ikan yang banyak dijual di pasar.

Sebab jeruk akan berfungsi menghilangkan bau amis, dan menambah lesatnya ikan ketika sudah selesai dimasak. "Nah kalau bumbu lain itu rahasia perusahaan," ujarnya.

Untuk melengkapi ikan bakar ini, Nur juga menyediakan kangkung tumis yang rasa bawang putihnya kuat.
Mengenai harga tidak perlu khawatir, biasanya kalau bukan musim berombak sekitar Rp 25 ribu, dan musim berombak Rp 30 ribu dan tergantung ukuran ikannya juga. Nur menuturkan, setiap hari dagangannya pasti ludes laku dibeli oleh para konsumen.

Ikan Segar Pilihan
Kunci kenikmatan dan kualitas makanan ialah pada bahannya. Nur tahu betul makna dari kalimat tersebut. Ia hanya menyajikan ikan laut segar untuk tamunya.

Amatan Tribun, ikan yang digunakan oleh pemilik rumah makan adalah ikan terpilih dan segar belum lama didaratkan oleh para nelayan yang berada dekat dengan pantai tersebut.

Anda bisa menikmati beragam ikan laut yang baru saja diambil dari Teluk Tomini. Ada bobara, goropa, kakap, biji nangka, baronang, dan sebagainya.

Warung ikan bakar Nur memang favorit bagi pendatang. "Saya setia dengan sajian ikan bakar Tante Nur, rasanya nikmat dibandingkan beberapa rumah makan yang saya temui," ujar Arif salah satu konsumen asal Kotamobagu.

Senada diucapkan oleh Surahman salah satu konsumen yang mengaku masakan ikan bakar Nurna menggoyang lidah, selain nikmat pedasnya menambah semangat untuk makan. "Setiap datang ke Bolsel pasti saya makan disini, habisnya rasa ikan bakar Nur begitu nikmat," ujarnya.

Penulis:
Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved