Tips Memilih Makanan Bagi Penderita Maag

Sakit maag yang sering kambuh tentu sangat mengganggu aktivitas. Kita harus lebih ketat menyeleksi makanan sehari-hari agar tidak makin parah.

Tips Memilih Makanan Bagi Penderita Maag
5432action
Ilustrasi sakit perut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sakit maag yang sering kambuh tentu sangat mengganggu aktivitas. Ditambah lagi, kita harus lebih ketat menyeleksi makanan sehari-hari agar tidak makin parah.

Pada prinsipnya, pemilihan makanan untuk sakit maag bertujuan untuk meringankan beban kerja saluran pencernaan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan saat maag kambuh?

1. Konsumsi makanan lunak

Sambil terus memenuhi asupan cairan, kita hanya boleh mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan lembut. Hal ini untuk memudahkan lambung mencerna makanan, sehingga tidak terlalu memperberat kerja sistem percernaan.

Makanan lunak yang baik untuk dikonsumsi di antaranya bubur, nasi tim, sayuran yang dimasak hingga lembut, kentang rebus atau tumbuk, telur rebus atau telur orak-arik, dan ikan.

2. Hindari makanan berlemak

Sebagai penderita sakit maag, kita perlu menghindari konsumsi makanan berlemak untuk meringankan beban kerja perut.

Makanan tinggi lemak, seperti mentega, susu, keripik, burger, atau gorengan merupakan makanan yang sulit dicerna dan merangsang otot saluran pencernaan menegang karena bekerja terlalu keras.

Akibatnya, proses pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan (heartburn). Makanan berlemak juga dapat memicu atau memperburuk gejala sembelit.

Selain itu, makanan tinggi lemak juga dapat membuat warna feses memucat, yang menandakan lemak berlebih pada kotoran. Gantilah dengan makan daging dan ikan tanpa lemak, minum susu skim, dan makanan yang dipanggang daripada memilih makanan yang digoreng.

Halaman
123
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved