Ini Cara Gubernur Sulut 'Berantas' Anak Putus Sekolah

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut masih mencari formula tepat untuk menangani anak putus sekolah di daerah ini.

Ini Cara Gubernur Sulut 'Berantas' Anak Putus Sekolah
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Gubernur Sulut 

 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO‑ Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut masih mencari formula tepat untuk menangani anak putus sekolah di daerah ini. Hal ini diisyaratkan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat ditemui, Selasa (5/9).

Ini karena program pengentasan anak putus sekolah belum terprogram secara spesifik dalam program OD-SK. Seperti diketahui, program OD-SK merupakan program yang mengambil nama singkatan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw. ODSK yakni, Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan.

Olly mengatakan, terkait banyaknya anak putus sekolah di Sulut hingga angka ribuan belum memberikan solusi rinci dengan program ODSK.

"Kita akan rekrut siswa putus sekolah. Kita akan buka perekrutan di setiap kecamatan, tepatnya melalui sekolah dengan mengajak lagi siswa yang putus sekolah, '' ujar Olly usai sosialisasi empat pilar di Graha Gubernuran, Selasa (5/9).

Seperti apa program konkritnya, Olly belum bisa menjelaskan. "Sudah mau pergi," kelitnya sambil berlalu dengan mobil dinasnya.

Andre Angouw Ketua DPRD Sulut pun ikut merespons banyaknya kasus anak putus sekolah. Kebetulan Andre berada dalam satu mobil bersama Gubernur. Namun respon Ketua DPRD bukan berupa pernyataan melainkan pertanyaan balik ke Tribun Manado.

"Berapa banyak anak putus sekolah? Di daerah mana?" tanya Ketua DPRD Sulut.

Sedangkan Wakil Gubernur Steven Kandouw tak memungkiri masih ada anak putus sekolah di Sulut. Meski begitu penjelasan Wagub belum memberikan langkah konkrit Pemprov mengatasi masalah mendasar pendidikan ini.

"Makanya koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota harus lebih diintensifkan. Supaya lebih cepat terindikasi dan terdeteksi. Lalu lebih cepat dicarikan jalan keluarnya," kata dia.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved