Bersiaplah, Supermoon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka Akan Menyapa

Bersiaplah. Supermoon paling istimewa sejak kemerdekaan Indonesia akan terjadi Senin (14/11/2016) malam.

Bersiaplah, Supermoon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka Akan Menyapa
AP PHOTO / Ronald Zak Supermoon terlihat di Austria, 10 Agustus 2014. Supermoon disebut para ilmuwan sebagai bulan perigee, terjadi saat bulan berada di dekat cakrawala dan tampak lebih besar dan lebih terang dari bulan purnama lainnya. 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Bersiaplah. Supermoon paling istimewa sejak kemerdekaan Indonesia akan terjadi Senin (14/11/2016) malam.

Bulan akan tampak 14 persen lebih besar daripada saat berada pada titik terjauh dari bumi. Beberapa dari Anda, karena faktor usia, mungkin takkan menyaksikan supermoon sebesar besok.

Supermoon - atau dalam astronomi dikenal dengan bulan perigee - terjadi kala bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Jarak rata-rata bumi dan bulan sendiri sekitar 384.400 kilometer.

Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dan bulan bervariasi. Kadang, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan kadang berada pada titik terdekat (perigee).

Ratusan supermoon telah terjadi sejak kemerdekaan Indonesia. Namun supermoon yang akan terjadi besok termasuk paling istimewa karena merupakan salah satu yang terbesar.

"Supermoon besok terbesar kedua sejak Indonesia merdeka," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa, Thomas Djamaluddin.

Thomas menguraikan, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, ada dua supermoon yang istimewa dilihat dari sisi ukurannya.

Supermoon tahun 1948 merupakan yang paling istimewa karena merupakan yang terbesar hingga saat ini. Saat itu, jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer.

Sementara besok, jarak bumi dan bulan adalah 356.500 kilometer. Perbedaan ukuran antara supermoon besok dengan tahun 1948 sangat sedikit mengingat jarak bulan pada kedua waktu itu hanya selisih 39 kilometer.

Astronom komunikator dari Langitselatan, Avivah Yamani, mengungkapkan, supermoon pada tahun 1948 dan besok hanya akan kalah dengan supermoon tahun 2034.

Halaman
12
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved