Pemkab Minut Dukung Pemprov Ambilalih Lahan Eks PTPN, Diusulkan Jadi Pariwisata Pertanian

Rencana pengambilalihan eks lahan PT PN XIV Makassar di Kecamatan Likupang Timur oleh pemprov Sulut mendapat dukungan pemkab Minahasa Utara.

Pemkab Minut Dukung Pemprov Ambilalih Lahan Eks PTPN, Diusulkan Jadi Pariwisata Pertanian
tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribun Manado Ferdinand Ranti

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Rencana pengambilalihan eks lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Makassar di Kecamatan Likupang Timur oleh pemprov Sulut mendapat dukungan dari pemkab Minut.

"Jika lahan-lahan tersebut diperuntukkan untuk pariwisata dan pertanian. Kami mendukung kalau eks lahan PTPN Makassar itu diambil alih oleh pemerintah propinsi. Apalagi kalau nantinya lahan-lahan tersebut dimanfaatkan untuk pariwisata dan pertanian," kata Wakil Bupati Minut, Joppi Lengkong, Sabtu (8/10) kemarin.

Ditanya apakah sudah ada pembicaraan antara pemkab Minut dan pemprov Sulut terkait pembagian pengelolaan lahan, Lengkong menyatakan belum pernah dilakukan.

"Ini kan belum diputuskan kalau sudah pasti dikelola pemprov. Prosesnya masih panjang. Harus dulu ke kementerian agraria/BPN, lalu Kementerian Pertanian dan Kementerian BUMN karena PTPN tersebut merupakan salah satu BUMN," ujar Lengkong.

Sebelumnya Kadis Perkebunan Sulut Ricky Toemandoek mengatakan lahan perkebunan seluas 1.400 hektar yang sebelumnya dikuasai PTPN Makassar akan diambilalih pemprov Sulut sesuai permintaan Gubernur Olly Dondokambey karena masa Hak Guna Usaha (HGU) oleh PTPN sudah berakhir.

Apalagi saat ini lahan-lahan tersebut menjadi terlantar pasca berakhirnya HGU. Namun demikian beberapa lahan tersebut sudah menjadi lokasi pariwisata populer. Salah satunya pantai Pall di desa Marinsouw.

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved