Operasi Simpatik Berhasil. Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun

Pelaksanaan Operasi Simpatik Samrat 2016 oleh Polda Sulut melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) terbilang berhasil.

Operasi Simpatik Berhasil. Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Operasi simpatik di Jl Sudirman Manado 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pelaksanaan Operasi Simpatik Samrat 2016 oleh Polda Sulut melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) terbilang berhasil.

Selama 21 hari pelaksanaan, sejak 1 hingga 21 Maret ini, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang cukup signifikan.

"Terjadi penurunan laka sebanyak 23,3 persen dari Operasi Simpatik tahun 2015 sebelumnya," ujar Kabag Bin Opsnal, AKBP Denny Situmorang, Rabu (23/3).

Dalam rapat anev Ops Simpatik di ruang Tribrata Mapolda Sulut, yang dipimpin Dirlantas Kombes Pol Subandriya tersebut, ia menerangkan jumlah lakalantas di Sulut selama operasi menyentuh angka 53 kasus.

"Dengan jumlah korban meninggal dunia 12, luka berat 25 dan luka ringan 45 orang. Sedangkan jumlah kerugian materil menurutnya Rp 111.250.000," ungkapnya.

Dari data yang dipaparkan, Kota Manado masih yang tertinggi angka kecelakaan lalu lintas diikuti oleh daerah Minsel, Bitung, Bolmong dan Minut.

Selain lakalantas, terjadi pelanggaran selama Ops Simpatik 2016 sebanyak 7428, dengan rincian 1480 tilang dan 5966 teguran.

Sementara jumlah jenis ranmor pelaku pelanggar masih didominasi roda dua yaitu 1148 kasus. Profesi pelaku pelanggar kebanyakan adalah karyawan yaitu sebanyak 840 kasus.

Untuk usia pelaku pelanggar terbanyak, berusia antara 21 sampai dengan 30 tahun, yakni 661 kasus. Di mana sebagian besar tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yaitu 988 pelanggar.

Lokasi yang sering terjadi pelanggaran adalah kawasan pemukiman sebanyak 1112 kasus dan jalan nasional sebanyak 722 kasus.

Sementara itu, Dirlantas Kombes Pol Subandriya di hadapan seluruh Kasat Lantas jajaran yang hadir saat itu, menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran selama Operasi Simpatik 2016.

"Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Sulut yang telah mendukung program-program Polda Sulut dalam mewujudkan ketertiban berlalu lintas di daerah ini," kata dia.

Kombes Subandriya berharap Ops Simpatik 2016 membawa pengaruh positif bagi seluruh masyarakat sehingga program Menuju Indonesia Tertib dan Bersatu Keselamatan Nomor Satu dapat terwujud

Penulis: Finneke
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved