Breaking News:

Edisi Minggu Health

Mengantuk Berlebihan, Awas! Bisa Jadi Gejala Kanker Otak

"Gejala kanker otak umumnya tidak mudah terdeteksi karena target serangan kanker berada di otak."

Penulis: | Editor: Fransiska_Noel
NET
ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jangan pernah anggap remeh terhadap perubahan dalam tubuh, dimulai dari rasa sakit kepala, mual, lemas, sulit berjalan, sulit mendengar, mati rasa, dan mengantuk berkepanjangan. Ini merupakan gejala umum penderita kanker otak.

Inilah sebagian penjelasan dari Dr Eko Prasetyo Sp BS (K), dokter spesialis bedah saraf Rumah Sakit Siloam Manado kepada Tribun Manado, Sabtu (20/2).

"Gejala kanker otak umumnya tidak mudah terdeteksi karena target serangan kanker berada di otak, apalagi itu organ yang tidak terlihat dari luar. Tapi ada beberapa indikasi yang bisa diperhatikan untuk menentukan apakah seseorang tengah mengalami gejala kanker otak atau tidak," kata dia.

Berikut gejala-gejalanya.

1. Mudah mengalami sakit kepala
Sakit kepala yang berkepanjangan dan datang berulang-ulang bisa menjadi gejala kanker otak.

2. Rasa mual berlebih
Mudah mual juga bisa menjadi gejala kanker otak.

3. Tubuh lemas
Penderita kanker otak biasanya mengalami tubuh lemas. Untuk itu, jika tubuh mudah lemas meski tidak mengerjakan pekerjaan berat, hal ini perlu diwaspadai.

4. Sulit berjalan
Pengidap kanker otak juga akan mengalami kondisi sulit berjalan. Tiap akan berjalan rasanya sempoyongan. Gejala kanker otak ini disebabkan karena pengontrol aktivitas tubuh dalam otak terganggu oleh kehadiran sel-sel kanker.

5. Sulit mendengar dan melihat
Terjadi perubahan juga dalam indera pendengaran dan penglihatan. Penderita akan mengalami penurunan daya dengar dan daya lihat. Gejala kanker otak ini akan bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya sel-sel kanker menggerogoti otak.

6. Mati rasa di kaki dan tangan
Gejala kanker otak juga ditandai dengan terjadinya mati rasa pada kaki dan tangan. Kedua organ tersebut mengalami gangguan karena saraf pusatnya juga tengah diganggu oleh sel kanker.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved