Lestarikan Budaya Minahasa, SD GMIM Paulus Manado Giat Berlatih Maengket

SD GMIM Paulus Azar Wenas Manado yang terletak di jalan Sam Ratulangi Manado, memberikan peatihan dasar tari tradisional maengket.

Lestarikan Budaya Minahasa, SD GMIM Paulus Manado Giat Berlatih Maengket
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
SD GMIM Paulus Azar Wenas Manado yang terletak di jalan Sam Ratulangi Manado, memberikan peatihan dasar tari tradisional maengket. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Demi menjaga kelestarian budaya maka sekolah SD GMIM Paulus Azar Wenas Manado yang terletak di jalan Sam Ratulangi Manado, memberikan peatihan dasar tari tradisional Maengket.

Dengan leluasa siswa SD kelas empat menari bagaikan para profesional. Campuran antara anak laki-laki, dan perempuan menambah keceriaan dalam pelatihan hari itu.

Bapak Welly Posumah sebagai pelatih serta guru kesenian menjelaskan latihan diadakan tiap hari sebab akan ada lomba pada tanggal 24 bulan april ditaman budaya. Menurut dia kegiatan ini disponsori oleh Pemprov dan Dinas Pariwisata.

Para peserta dilatih dari kelas tiga SD,dan sampai benar-benar paham akan gerakan.Jumlah peserta sekitar 20 orang, Rabu (25/03).

Dalam kegiatan ini Welly menekankan bahwa dengan pelatihan ini mereka akan mengenal adat Minahasa. Selain itu mereka akan berani tampil ketika ada ivent atau acara yang mengangkat budaya.

”Anak-anak ini punya bakat besar dalam tari tradisional,jika diasah dari usia dini maka mereka akan berani tampil di depan umum membawakan tarian tradisional ini. Rencananya mereka akan ditampilkan pada ivent atau acara ;ain yang melibatkan anak usia sekolah,”ujarnya.

Kendala yang dia alami adalah suara. Mengenai gerakan kebanyakan hanyalah kelincahan kaki dan tangan saja,namun perlahan-lahan pasti akan berhasil.

Permasalahan yang dihadapi ketika anak-anak lupa menghafalkan gerakan,dan ketika memunculkan suara yang fals.

"Hal ini bisa berdampak fatal ketika sudah dalam perlombaan,makanya sangat penting diadakan latihan,”ujarnya.

Sesekali pak Welly terlihat kesulitan mengatur anak-anak ini. Menurut dia dengan adanya latihan ini maka anak- anak akan mengenal budaya Minahasa terlebih ditengah pertumbuhan budaya kota yang mulai menghapus budaya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved