Pengangguran

Jumlah Pengangguran Di Sulut Capai 80,8 Ribu Jiwa

Badan Pusat Statistika (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) mencatat, jumlah pengangguran di Sulut dibulan Agustus 2012 mengalami penurunan

Laporan Wartawan Tribun Manado Deffriatno Neke

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Badan Pusat Statistika (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) mencatat, jumlah pengangguran di Sulut dibulan Agustus 2012 mengalami penurunan sebesar 7,79 persen dibanding dengan bulan Februari 2012. Pada bulan Februari 2012 jumlah pengangguran di Sulut mencapai 92,7 ribu jiwa turun menjadi 80,8 ribu jiwa di bulan Agustus 2012.

Walalupun demikian, menurut Kepala BPS Sulut, Dantes Simbolon pada sejumlah media di Kantornya, Senin (5/11) kemarin, kondisi makro ketenagakerjaan Sulut pada semester awal Februari 2012-Agustus 2012 menunjukan belum adanya geliat yang signifikan.

"Ini digambarkan dengan adanya penurunan jumlah penduduk yang bekerja walalupun tingkat pengangguran juga menurun," kata Dantes.

Pada bulan Agustus 2012 jumlah warga Sulut yang bekerja hanya mencapai 957,3 ribu jiwa. Angka ini mengalami penurunan bila dibandingkan dengan jumlah warga sulut yang bekerja di bulan Februari yang mencapai 1.022 ribu jiwa.

"Hal ini dapat terjadi dapat terjadi karena jumlah angkatan kerja berkurang dari 1,115 juta orang menjadi 1,038 juta orang atau ada 76,5 ribu angkatan kerja yang berubah status menjadi bukan angkatan kerja seperti sekolah, mengurus rumah tangga dan kegiatan lainnyan" ujarnya.

Menurutnya, penurunan angkatan bekerja tersebut mengakibatkan tingkat partisipasi angkatan kerja juga mengalami penurunan. Ini merupakan indikasi adanya penurunan potensi ekonomi dari sisi suplai tenaga kerja.

"Peningkatan jumlah penduduk bukan angkatan kerja yang berarti mengurangi suplai tenaga kerja pelu dicermati lebih lanjut apakah dikarenakan lapangan pekerjaan yang terbatas sehingga mereka terpaksa beralih ke aktivitas rumah tangga," ucap Dantes.

Dantes menjelaskan penurunan jumlah angkatan kerja sebanyak 76,5 ribu orang selama periode Februari 2012-Agustus 2012 terjadi karena adanya drop out penduduk bekerja secara relatif sebesar 64,7 ribu orang serta berkurangnya pencari kerja sebesar 11,9 ribu. (def)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved