Renungan

Teddy Batasina: Kemurnian Toleransi Harus Berwujud

Pluralitas adalah sebuah realitas anugerah yang sarat dengan perbedaan dan kepelbagaian. Pluralitas akan memiliki

 Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM


Pluralitas adalah sebuah realitas anugerah yang sarat dengan perbedaan dan kepelbagaian.  Pluralitas akan memiliki kekuatan ketika terjadi sinergitas yang saling mengakui dan saling menerima, disitulah makna yang  esensial tentang arti perbedaan yang bermakna anugerah.

Dalam konteks agama dan perayaan ritual keagamaan seperti yang kita alami dan rasakan sekarang ini khususnya memasuki bulan puasa maka penting bagi kita baik yang  menjalankan maupun yang tidak untuk melakukan reorientasi perenungan tentang bagaimana mengakui dan menerima sebagai  sebuah kebebasan yang hakiki. Artinya baik yang menjalankan maupun yang tidak menjlnkan harus ada pengertian timbal balik.

Hal ini penting supaya akan terwujud kemurnian toleransi yang sesungguhnya. Adalah sangat indah dan bermakna ketika ada penghargaaa satu dengan yang lain untuk memberi peluang dan kebebasan tapi juga kesempatan berekspresi secara bebas tanpa ada tekanan apalagi pemasungan hak kepada  saudara-saudara kita yang beribadah puasa.

Toleransi yang terbangun harus benar-benar tulus dan ikhlas bukan sekedar euforia spiritualitas sesaat.


Disinilah kesempatan untuk pembuktian toleransi. Di sulut kita patut bersyukur karena interaksi toleransi terbangun secara positif. Ini juga dimungkinkan karena kita  memiliki simbol-simbol budaya dan  sosial secara kuat dan mengakar, maka dalam rangka membuktikan kemurnian toleransi itu di bulan puasa perlu bagi kita yang tidak  menjalankan ibadah puasa untuk  menyampailan selamat menunaikan ibadah puasa saudaraku, sobatku, sahabatku, keluargaku.

Sambil terus menyadari bahwa toleransi bukanlah sebatas dalam tataran idealisme konseptual tapi harus berwujud dalam konkritisasi tindakan.wasalam(*/uke)

Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved