Bantuan Sumur Bor untuk Warga Minut Ini Nilainya Rp 300 Juta

Ini Wujud dukungan nyata terhadap Sulut. Tateli Weru terpilih sebagai salah satu lokasi, karena memenuhi kriteria.

Bantuan Sumur Bor untuk Warga Minut Ini Nilainya Rp 300 Juta
tribunmanado
Penyerahan bantuan sumur bor 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MINUT - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyerahkan bantuan instalasi dan bangunan sumur bor air bersih kepada warga Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Jumat (8/2).

Warga desa memenuhi pusat kegiatan ini. Hujan deras sedikit menghambat jalannya acara. Namun akhirnya kegiatan berjalan dengan baik.

Mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Kepala Dinas ESDM Sulawesi Utara, BA Tinungki dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kepedulian Kementerian ESDM.

"Ini Wujud dukungan nyata terhadap Sulut. Tateli Weru terpilih sebagai salah satu lokasi, karena memenuhi kriteria. Kiranya sumur bor dapat dimanfaatkan dengan pemberdayaan keluarga dan masyarakat," katanya.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Sulawesi Utara, Bara Hasibuan mengatakan bantuan ini berkat kerja sama dengan komisi di mana ia bernaung. Ia berharap bantuan instalasi sumur bor senilai Rp 300 juta ini dalam berguna bagi warga.

"Air bersih memang sangat dibutuhkan. Yang juga dibutuhkan yakni lampu penerang jalan umum. Sekarang pemerintah sudah menggunakan energi ramah lingkungan, Sulut menjadi pusat energi tersebut," ujarnya.

Kementerian ESDM, Direktorat Ketenagalistrikan, Sekretaris Dirjen, Munir Ahmad mengatakan di Sulut ada 15 titik pembangunan sumur bor air bersih. Ia berharap sumur ini efektif dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Total se-Indonesia ada 560 unit yang tersebar di 34 provinsi.

Kedalaman sumur ini 125 meter, dengan pompa 3 PK, genset 15 KW dengan daya tampung 5.000 liter. Juga dengan bangunan rumah genset. "Karena ini dana dari masyarakat, kami berharap sumur ini dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," jelasnya.

Warga tampak senang dengan bantuan ini. Warga antusias mengikuti penyerahan bantuan ini secara simbolis, meski hujan mengguyur selama kegiatan. Penyerahan oleh pejabat dilalukan secara simbolis dengan pengguntingan pita.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Munir Ahmad mengatakan di Sulawesi Utara ada 15 titik sumur bor air bersih. Dengan total 560 titik se-Indonesia yang tersebar di 34 provinsi.

"Penentuan titik sumur bor berawal dari usulan masyarakat kemudian aparat desa. Harus ada kelengkapan administrasi untuk pengajuan bantuan sumur bor ini," ujarnya usai kegiatan.

Tahun 2019 ini, ada 650 titik pembangunan sumur air bersih di Indonesia. Namun kata Munir, belum ada penentuan lokasi pembagian.

"Biaya pemeliharaan dari masyarakat desa, karena pemerintah pusat tak punya anggaran untuk itu. Makanya masyarakat merawat sama-sama fasilitas yang ada ini," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas ESDM Sulawesi Utara, BA Tinungki, anggota DPR RI Komisi VII Bara Hasibuan, Kadis Perdagangan Minahasa, Moudy Lontaan, Asisten II Manado, Robby Mottoh, perangkat desa dan warga setempat. (*)

Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved