Dinkes Bolmong Kerja Keras Basmi Nyamuk DBD

Fogging dilakukan di beberapa desa prioritas, di antaranya Tanoyan, Desa Mopuya Utara. Setelah itu akan dilakukan di Pangian, Doloduo, Maelang.

Dinkes Bolmong Kerja Keras Basmi Nyamuk DBD
Tribun Manado
Warga di Lolak, Bolmong, menunggu di luar rumah sementara petugas sedang melakukan fogging. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Maickel Karundeng

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Mewabahnya demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Bolaang Mongondow membuat Dinas Kesehatan terus turun lapangan. Selain fogging di wilayah terjangkit DBD, Dinkes juga melakukan sosialisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Sahara Albugis menegaskan, pihaknya mewajibkan setiap puskesmas di Bolmong turun ke masyarakat melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengiatkan Gerakan 3M.

Gerakan 3M berisi teknis kegiatan, yaitu menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air; menutup rapat tempat-tempat penampungan air; dan memanfaakan kembali atau mendaur ulang barang bekas.

“Puskesmas Lolak yang mulai action membagikan pamflet Gerakan 3M. Pembagian pamflet dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lingkungan sangatlah penting, karena dengan gerakan ini masyarakat akan lebih peduli dengan lingkungan karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkapnya, Selasa (5/2/2019).

Baca: Albugis Minta Masyarakat Aktif Jaga Kebersihan Lingkungan, Tekan DBD

Sahara menambahkan, curah hujan di wilayah Kabupaten Bolmong meningkat dan bisa menyebabkan banyak lokasi terendam air dan sampah menumpuk.

“Jika masyarakat setempat tidak menjaga lingkungannya maka akan terjadi peningkatan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk yang bisa menularkan penyakit demam berdarah di tempat-tempat yang terisi air, atau terjadi genangan untuk beberapa waktu,” tambahnya.

Dia mencontohkan, di dalam kaleng atau ban bekas, banyak genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut.

“Semakin banyak populasi nyamuk maka risiko penularan penyakit akan semakin besar pula. Sehingga kami minta partisipasi aktif masyarakat dalam membantu membasmi perkembangbiakan nyamuk tersebut melalui gerakan 3M,” kata dia.

Baca: Bebas Nyamuk DBD! Lakukan 4 Hal Sederhana Ini di Rumah

Selain DBD, penyakit lain di musim hujan yang juga perlu diwaspadai adalah penyakit akibat virus seperti influenza, penyakit akibat bakteri dan parasit, serta penyakit akibat jamur.

Halaman
12
Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved