Gubernur Olly Dondokambey

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Sebut Tanah Tepian Daerah Aliran Sungai Tak Bisa Keluar Sertifikat

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meminta masyarakat memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Sebut Tanah Tepian Daerah Aliran Sungai Tak Bisa Keluar Sertifikat
TRIBUN MANADO
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Saat Menyerahkan Sertifkat Tanah 

TRIBUNMANADO. CO. ID, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meminta masyarakat memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Manfaat program selain mendapat sertifikat tanah gratis, masyakrat akan memiliki kepastian hukum atas tanah yang dimiliki.

Baca: Pemerintahan ODSK Masuk Tahun ke-4, Eceng Gondok Danau Tondano Belum Tuntas, Ini Kata Gubernur Sulut

Hanya saja kata gubernur , tanah di tepi daerah aliran sungai tidak bisa keluar sertifikat. "Kalau di pinggir sungai tak bisa keluar sertifikat," kata dia.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (Tribun manado / Ryo Noor)

Kenyatannya di tepi sungai banyak yang dikuasai masyarakat. "Harusnya berapa meter tidak bisa dikuasai masyarakat tapi digunakan untuk kepentingan unum," ujar dia.

Baca: Anneth Juara Indonesian Idol Junior 2018 Sambangi Kantor Gubernur Sulut

Tak bisa dipungkiri ada juga sertifikat di masa lampau sudah dikeluarkan untuk lahan di tepi sungai. "Kalau sudah terlanjur ya sudah, tapi yang sekarang tidak bisa lagi keluar sertifikat, " ungkap dia

Tepian sungai harusnya dimanfaatkan untuk meminimalisir dampak banjir warga Kota Manado, kata Olly sudah punya pengalaman kena bencana banjir.

Baca: Gubernur Sulut Olly Dondokambey Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Pinasungkulan

Olly menyampaikan, program PTSL sesuai Rencana Presiden Jokowi mendaftarkan 5 juta bidang tanah di Indonesia. Sejauh ini sudah berjalan baik, makin banyak tanah terdata

Tahun 2019 ini, Kota Manado ditarget 21.000 bidang tanah terdata lewat PTSL. bukan hanya bidang tanah untuk rumah, tapi hingga lahan perkebunan. "Program ini gratis, " ujar dia. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved