10 Kota Paling Toleran di Indonesia - Wahyu Waluyo Subarni Optimis Tahun Depan Manado Peringkat Satu

"Jangan mau ditunggangi oleh siapapun, apalagi jika mereka hanya akan merusak nilai toleransi kita.Mari kita sama-sama memupuk nilai-nilai tolesansi,"

10 Kota Paling Toleran di Indonesia - Wahyu Waluyo Subarni Optimis Tahun Depan Manado Peringkat Satu
Ist
Wahyu Waluyo Subarni, S.IK 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Setara Institute merilis 10 Kota Paling Toleran di Indonesia.

Berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) 2018 yang dirilis Setara Institute. Kota Manado yang pada 2017 kemarin berada di posisi satu IKT tertinggi, pada 2018 ini kota dengan julukan Kota Tinutuan itu turun ke posisi empat.

Singkawang yang tahun kemarin ada di posisi empat, di tahun 2018 ini menggantikan posisi Kota Manado untuk bertengger di posisi satu.

Baca: Manado Masih Kota Paling Toleran

Posisi berikutnya, diduduki Salatiga (6,477), Pematang Siantar (6,280), Manado (6,030), Ambon (5,960), Bekasi (5,890), Kupang (5,857), Tomohon (5,833), Binjai (5,830), dan Surabaya (5,823).

Penilaian IKT dilakukan Setara terhadap 94 kota yang ada di Indonesia.

Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Manado Dapil Singkil-Mapanget, Wahyu Waluyo Subarni, S.IK berpendapat, turunnya peringkat Kota Manado sebagai Kota Toleran di Indonesia karena adanya pergeseran pola hidup antara masyarakat.

Baca: Sulut Dapat Penghargaan Menteri PUPR, Kepel: Jalan Tol Secepatnya Beroperasi

"Saya melihat dari kondisi yang real ya. Kenyataannya saat ini, kerukunan kita mulai terkikis dengan pola hidup yang acuh tak acuh," kata Caleg nomor urut 2 dari Partai Berkarya itu kepada tribunmanado.co.id, Sabtu ( 08/12/2018).

Dia juga berpendapat jika masih ada beberapa warga yang termakan dengan skema politik yang justru malah merusak indahnya rasa toleransi yang ada di Manado.

"Sadar atau tidak, ada dari kita yang secara tidak langsung sudah menjadi korban dari mereka yang tidak menginginkan kebaikan terhadap Manado. Saya pikir dengan hasil rilis dari  Setara Institute ini merupakan tamparan keras buat kita supaya kita sama-sama berkaca lagi untuk membangun daerah yang kita cintai ini," ujarnya

Wahyu pun berharap agar pemerintah, keluarga ataupun dunia pendidikan sama-sama kembali mempertahankan predikat Kota Manado sebagai salah satu kota yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi.

Baca: Sulut Dapat Penghargaan Menteri PUPR, Kepel: Jalan Tol Secepatnya Beroperasi

"Jangan mau ditunggangi oleh siapapun, apalagi jika mereka hanya akan merusak nilai toleransi kita. Mari kita sama-sama memupuk nilai-nilai tolesansi, ajarkan juga kepada anak-anak kita bahwa hidup bertoleransi indah rasanya," ajaknya.

Pengusaha yang sudah berkecimpung dengan berbagai dunia bisnis selama belasan tahun pun berharap agar tahun depan Manado kembali meraih peringkat satu

"Berbagai daerah mulai sadar betapa indahnya hidup bertoleransi. Berada di posisi empat dari 10 kota dengan IKT tertingi saja seharusnya patut kita syukuri. Saya kira ini bukan akhir dari segalanya. Kita optimis tahun depan posisi satu itu akan diisi oleh Kota Manado. Karena dunia pun tahu betapa tingginya nilai toleransi yang di pegang oleh warga Manado," tutupnya. (Ind)

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved