Menteri Pertahanan Israel Sebut Negosiasi dengan Palestina Tak Ada Gunanya

Avigdor Lieberman, Menteri Pertahanan Israel menyatakan negosiasi dengan Palestina mengenai situasi di Gaza dan Tepi Barat

Menteri Pertahanan Israel Sebut Negosiasi dengan Palestina Tak Ada Gunanya
AFP / MENAHEM KAHANA
Tank Israel terlihat berada di dekat perbatasan Suriah dengan dataran tinggi Golan yang diduduki militer Israel, pada Mei 2018. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Avigdor Lieberman, Menteri Pertahanan Israel menyatakan negosiasi dengan Palestina mengenai situasi di Gaza dan Tepi Barat, tidak ada gunanya dan negara harus bertindak secara sepihak.

Lieberman melontarkan pernyataan saat pemerintah Mesir dan PBB bekerja untuk membentuk gencatan senjata abadi antara Hamas dan Israel.

"Saya mengetahui negosiasi dan semua mediator serta semua yang terjadi di sana," katanya pada konferensi di Yerusalem, seperti diwartakan AFP, Senin (3/9/2018).

Baca: Israel Dukung Keputusan Amerika Hentikan Dana Bantuan untuk Palestina Sebesar Rp 2,9 Triliun

"Negosiasi, terlepas apakah mereka di Ramallah atau Gaza, tidak akan membawa kita ke mana pun," imbuhnya

"Semua negosiasi telah membawa kita pada jalan buntu, oleh karena itu kita perlu bertindak atas masalah Palestina, mengenai Ramallah dan Gaza, secara sepihak," ucap Lieberman.

Dia meyakini dengan memblokade jalur perdagangan dan perjalanan dari dan di Jalur Gaza, dapat menurunkan aktivitas militan di daerah kantong, sekaligus mengurangi bentrokan di sepanjang perbatasan.

"Rata-rata warga Gaza yang khawatir tentang mata pencahariannya dan bagaimana memberi makan keluarganya," katanya.

Menteri Pertahanan <a href='http://manado.tribunnews.com/tag/israel' title='Israel'>Israel</a>, Avigdor Lieberman.

"Mereka harus memahami bahwa siapa pun yang berpartisipasi dalam kegiatan teror membahayakan mata pencahariannya," ucap Lieberman.

Dia menyatakan keamanan justru akan memberikan manfaat ekonomi yang besar.

Baca: Israel Dilaporkan Sembunyikan 300 Senjata Nuklirnya di Bawah Laut

Selama berbulan-bulan di sepanjang perbatasan telah terjadi bentrokan dan beberapa serangan militer, tapi beberapa pekan terakhir terlihat relatif tenang.

Pada Agustus lalu, jet tempur Israel menggempur 140 tempat sebagai balasan setelah kelompok Hamas menembakkan 150 roket.

Sebanyak empat orang dilaporkan terluka dan dilarikan ke rumah sakit, termasuk seorang perempuan 30 tahun asal Thailand yang terluka di dada.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri Israel Sebut Negosiasi dengan Palestina Tak Akan Ada Gunanya", https://internasional.kompas.com/read/2018/09/03/21362671/menteri-israel-sebut-negosiasi-dengan-palestina-tak-akan-ada-gunanya.
Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Veronika Yasinta

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help