Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu Berkati Gereja Sta Monika Paniki Atas

Bangunan gereja dengan berbahan beton serta teralis tersebut resmi diberkati oleh Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu

Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu Berkati Gereja Sta Monika Paniki Atas
Tribun manado / Maximus Geneva
Uskup Rolly Untu menandatangani prasasti pemberkatan Gereja Katolik Santa Monika Paniki Atas, Kecamatan Talawaan, Minahasa Utara, seusai misa mulia, Rabu (22/8). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Selama 16 tahun masa pembangunan, umat Katolik Stasi Santa Monika Paniki Atas, Kecamatan Talawaan, Minahasa Utara, akhirnya memiliki bangunan gereja permanen.

Bangunan gereja dengan berbahan beton serta teralis tersebut resmi diberkati oleh Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu, Rabu (22/8), dalam misa mulia bersama Pastor Paroki Yesus Gembala Baik (YGB) Paniki Freddy Samudia, Pastor Benny Salombre, dan Pastor Hendro.

Dalam misa Uskup juga memberkati altar serta sejumlah benda-benda rohani seperti tabernakel, dan perlengkapan misa. Sejumlah frater dari Seminari Pineleng turut menyemarakkan misa dengan lagu-lagu ordinarium.

“Kehadiran gereja ini untuk menjadikan umat sebagai Gereja yang hidup. Allah ingin hadir di tengah-tengah umat dan masyarakat,” ujar Uskup Rolly dalam sambutannya seusai pemberkatan.

Lahan gereja tersebut dibeli pada 1994. Umat stasi yang hanya beranggotakan 20-an kepala keluarga kemudian mulai mendirikan gereja dengan bahan dasar tripleks dan papan.

Seiring pertambahan jumlah umat, bangunan darurat tersebut juga sudah mulai tak layak sehingga umat bersama pastor paroki saat itu mulai membentuk panitia pembangunan. Pada 2002, peletakan batu pertama pembangunan gereja dilakukan.
Pemberkatan gereja kemarin turut diwarnai dengan pemberian sakramen Krisma kepada 117 umat se-Paroki YGB). Krismawan mendapatkan nama pelindung “Yosep”, sedangkan krismawati “Maria”.

Uskup berharap mereka menjadi pelaksana firman Allah dalam kehidupan sehari-hari seperti yang dilakukan oleh Yosep dan Maria.

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Martin Sumampouw, menyampaikan selamat dan mengapresiasi umat Katolik Paniki Atas yang telah berjuang mewujudkan pembangunan gereja.

Dia berharap gereja tersebut menjadi tempat pewartaan kebaikan dan mendukung program pemerintah. (max)

Penulis: maximus conterius
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved