Hasil Survei

Hasil Survei LSI: Ma'ruf Dipilih Milenial, Sandiaga Magnet Pemilih Pemula, Emak-emak Pilih?

LSI Denny JA mengungkapkan kekuatan dua bakal calon wakil presiden yakni Ma'ruf Amindan Sandiaga Uno.

Hasil Survei LSI: Ma'ruf Dipilih Milenial, Sandiaga Magnet Pemilih Pemula, Emak-emak Pilih?
Kompas
Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan kekuatan dua bakal calon wakil presiden yakni Ma'ruf Amindan Sandiaga Uno.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, Ma'ruf Amin mengungguli Sandiaga di segmen pemilih milenial atau rentang usia 20-39 tahun.

"Ma'ruf Amin unggul di segmen ini (milenial) dan generasi X hingga generasi babyboomer (usia diatas 40 tahun)," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat memaparkan hasil survei, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Baca: Hasil Suvei LSI: Jokowi-Maruf Unggul di Pemilih Wong Cilik, Prabowo-Sandiaga di Kaum Terpelajar

Baca: Hasil Survei LSI: Sosok Cawapres Bikin Elektabilitas Jokowi Turun, Prabowo Naik

Dari 1.200 responden survei, sebanyak 41,4 persen di antaranya merupakan populasi generasi milenial dengan rentang waktu 20-39 tahun. Dari jumlah populasi milenial, 44 persen memilih Ma'ruf Amin.

Sementara itu, sebanyak 34 persen memilih Sandiaga Uno. Adapun 22 persen tidak memilih.

Hal serupa tejadi pada responden dengan rentang usaha 40 tahun atau di atasnya. Dari populasi 55,2 persen dari total responden, sebanyak 45 persen memilih Ma'ruf Amin, 27,1 persen memilih Sandiaga Uno, dan 27,9 tak menjawab.

Baca: Hasil Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-Maruf 52,2 Persen, Prabowo-Sandiaga 29,5 Persen

 

Sandiaga bisa unggul dari Ma'ruf Amin pada segmen responden umur 19 tahun dan di bawahnya atau disebut pemilih pemula. Namun begitu, populasi segmen ini sangat kecil hanya 3,4 persen dari total jumlah responden.

Pada segmen pemilih pemula, sebanyak 50 persen memilih Sandiaga Uno. Sementara hanya 18,4 persen yang memilih Ma'ruf Amin. Sisanya 31,6 persen justru memilih tak menjawab.

Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Maruf Amin tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Selain pasangan <a href='http://manado.tribunnews.com/tag/jokowi' title='Jokowi'>Jokowi</a>-Maruf Amin, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Senin 13 Agustus. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan satu diantara syarat wajib yang diberlakukan KPU bagi capres dan cawapres untuk mengikuti Pilpres mendatang.
 

Suara "Emak-emak" Condong ke Jokowi-Ma'ruf

Berdasarkan hasil survei, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di lima kantong pemilih.

Halaman
123
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help