Kemerdekaan RI

Pimpin Upacara di Kodam, Pangdam XIII Merdeka Bacakan Amanat KSAD, Ini Isinya

Pangdam XIII Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang memimpin pelaksanaan Upacara Memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Pimpin Upacara di Kodam, Pangdam XIII Merdeka Bacakan Amanat KSAD, Ini Isinya
Pangdam XIII Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang memimpin pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Makodam XIII Merdeka pada Jumat (17/8/2018) 

Pangdam membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

KSAD meminta jajarannya di seluruh Indonesia untuk dapat melaksanakan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2018.

"Upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam," ujar KSAD.

Lanjut KSAD, saat bapak pendiri bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sesungguhnya kedua tokoh nasional tersebut memberikan pelajaran bagi kita bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan kita harus mengedepankan langkah-langkah konkrit, tidak harus menunggu momenmomen yang sempurna.

Proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan (Vacuum of power) di mana proses penyerahan tanpa syarat Penjajah Jepang kepada Sekutu belum secaratuntas diselenggarakan.

Kelompok-kelompok pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan
tanpa menunggu janji kemerdekaan dari penjajah.

Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsipil, yaitu kemerdekaan dengan kekuatan sendiri.

Inilah salah satu tonggak sejarah yang menunjukkan watak dasar Bangsa Indonesia sebagai Bangsa pejuang yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan Bangsanya dengan kekuatan sendiri.

Halaman
1234
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved