Renungan Minggu

(Renungan Minggu) Ps Yani Gunawan : Mengalami Terobosan Hidup

Hiduplah dalam ketaatan kepala Allah dan selamat menikmati terobosan dari Allah.

(Renungan Minggu) Ps  Yani Gunawan : Mengalami Terobosan Hidup
ISTIMEWA
Ps Yani Gunawan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dalam 1 Raja-raja 17 : 1-16. Elia adalah salah satu nabi yang populer dan dihormati oleh Israel karena dipakai Allah yang luarbiasa dan karena terobosan terobosan dalam hidupnya. Hidup orang-orang yang disentuh oleh pelayanannnya.

Allah menghendaki setiap orang percaya mengalami terobosan-terobosan dalam hidupnya. Bagaimanakah Elia mengalami terobosan dalam hidup dan pelayanannya?

Elia melayani di Israel Utara (ibukotanya Samaria), Ahab raja dan Izebel ratunya (putri raja Tirus).
Ahab terutama Izebel membawa Israel jatuh kepada penyembahan Dewa Baal, (Dewa cuaca dan kesuburan).
Izebel membawa pengaruh buruk bagi Ahab dan Israel, sehingga membangkitkan murka Tuhan.

17:1 Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan."

Allah melalui Elia menyampaikan perkataan nubuat, bahwa akan ada kekeringan (Yakobus 5:17) selama 3,5 tahun. Allah sedang menunjukkan kepada Israel yg menyembah dewa baal (dewa cuaca dan kesuburan) Bahwa Dia-lah Allah dari segala allah. Bahwa baal yg mereka sembah itu bukan apa-apa.

17:2 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadanya:
17:3 "Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan.

Elia bisa bertanya-tanya, mengapa harus bersembunyi?. Bukanlah Allah Israel adalah Allah yg perkasa? Apakah Dia tidak mampu melindungi aku dari tangan Ahab dan Izebel?. Sungai kerit, sudah diluar batas kekuasaan Ahab.

Tidak berhenti di situ saja?

17:4 Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana."

Burung gagak adalah termasuk binatang najis/ haram (Imamat 11:15) bagi orang Israel. Kalau ada binatang haram yg jatuh kena perkakas org Israel, perkakas itu harus di masukkan ke dalam air dan menjadi najis sampai matahari terbenam (Imamat 11:32).

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help