TribunManado/

Sehan: Soal Tipe Rumah Sakit Bukan Wewenang Pemkab Boltim

Pembangunan rumah sakit sebernarnya bukan wewenang Pemerintah Kabupaten melainkan Kementrian Kesehatan.

Sehan: Soal Tipe Rumah Sakit Bukan Wewenang Pemkab Boltim
TRIBUNMANADO/ALDI PONGE
Bupati Boltim Sehan Landjar

Laporan wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TRIBUNMANADO.CO.ID,  TUTUYAN -  Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar Menyikapi pernyataan wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengenai pembangunan rumah sakit di Boltim, Kamis (9/8).

Pembangunan rumah sakit sebernarnya bukan wewenang Pemerintah Kabupaten melainkan Kementrian Kesehatan.

"Kami hanya mengusulkan pembangunan rumah sakit ke Kementrian Kesehatan, soal tipe menjadi tanggung jawab mereka," ujar Sehan Landjar.

Kata Sehan, setiap daerah sangat wajar untuk mengusulkan ke pemerintah pusat mengenai kekuarangan yang ada. Sebab setiap kepala daerah baik Bupati, Walikota maupun Gubernur wajib menyediakan Pustu, Puskesmad  dan rumah sakit serta sarana pendukung.

Lanjutnya, kata kata maniso yang dipakai oleh seorang Wakil Gubernur, itu tidak pantas.

"Saya katakan bahwa Steven Kandow belum pintar menggunakan kalimat dan masih kurang paham tentang kaidah bahasa, sehingga beliau sampai gunakan bahasa yang kurang etis untuk pejabat sekelas Wakil Gubernur.

Sementara pernyataan Steven Kandouw, Rabu (9/8) mengatakan, maniso untuk membuat rumah sakit tipe A, karena masalah biaya yang besar.

"Hal ini disebabkan, rumah sakit tipe A akan dibangun di Kotamubagu. Sebaiknya di Boltim dibangun tipe C," ujar Steven Kandouw waktu lalu.

Menurutnya, Kotamubagu bisa menjadi alternatif bagi warga BMR, apabila kalau mengalami sakit. Karena sejauh pengamatan pemerintah, kebanyakan masih dirujuk ke RSUP Prof Kandouw.

"Mungkin dengan dibangunnya RSU tipe A di Kotamubagu, anggaranya lebih terfokus," ujar Steven Kandouw

Penulis: Vendi Lera
Editor: Rine_Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help