TribunManado/

Olimpiade Sains Nasional

OSN-Pertamina 2011 Perebutkan Rp 2,8 Milyar

Untuk keempat kalinya Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat perguruan tinggi akan kembali digelar

Laporan Wartawan Tribun Manado, Fransiska Noel

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Untuk keempat kalinya Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat perguruan tinggi akan kembali digelar bertajuk OSN-Pertamina 2011, dengan tuan rumah adalah F-MIPA Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pembantu Dekan bidang kemahasiswaan F-MIPA Unsrat DR Ir Johanis J Pelelalu MSi kepada Tribun Manado, Minggu (31/7) mengatakan, kompetisi OSN- Pertamina kali ini mengangkat tema "Mencetak Generasi  Berprestasi, Cerdas Bersama Pertamina", yang akan memperlombakan semua mata kuliah Sains dan Matematika. "Materi yang akan diperlombakan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi," tutur Pelelalu.

Dirinya menambahkan, perlombaan ini merupakaan kompetisi antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan akan memperebutkan hadiah utama uang tunai berjumlah Rp 2,8 Milyar.

Jadwal kompetisi terdiri dari seleksi di tingkat provinsi mencakup ujian tertulis multiple choice di babak penyisihan yang akan digelar serentak di semua provinsi tanggal 27 September 2011. "Hasilnya akan diumumkan tanggal 1 Oktober 2011," ujarnya.

Tahapan selanjutnya ialah final tingkat provinsi mencakup ujian tertulis essay dan pemaparan makalah yang akan digelar 7 Oktober 2011.

Lanjut menurut Pelelalu, usai seleksi di tingkap provinsi akan disusul seleksi di tingkat nasional yang akan dilaksanakan tanggal 1-4 November 2011. "Tahapan ini akan diikuti para pemenang di seleksi tingkat provinsi," jelasnya.

Mengenai persyaratan peserta menurut Pelealu, antara lain tercatat sebagai mahasiswa program S-1 semua fakultas minimal semester 3 dan dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dekan masing-masing fakultas.

Kedua, tidak pernah menjadi pemenang pada kompetisi Sains tingkat perguruan tinggi nasional dan tidak pernah mengikuti kompetisi bidang Sains perguruan tinggi tingkat internasional.

Ketiga, pemenang OSN-Pertamina tahun 2008-2010 baik tingkat provinsi maupun nasional tidak diperkenankan mengikuti OSN-Pertamina 2011.

"Pendaftaran dimulaia 1 Agustus sampaai 22 September  2011 secara online di www.osnpertamina.com atau kirimkan lewat e-mail panitia@osnpertamina.com," jelas Pelealu.

Penulis: Fransiska_Noel
Editor: Andrew_Pattymahu
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help